Lagu Lene Marlin yang penuh Makna (Disguise)

Lene_Marlin 2

Dear readers sekalian masih ingatkah atau sudah tahu mengenai penyanyi asal Norwegia, Lene Marlin?. Itu lho penyanyi yang pernah populer sekali di Taiwan, China dan juga Jepang dan bahkan salah satu lagunya pernah menjadi sebuah soundtrack drama populer Taiwan yang pernah di tayangkan di Indonesia, yaitu drama Twins atau nama lainnya 100% Senorita dan Twins Senorita yang di bintangi oleh artis cantik Joe Chen, yang juga merupakan pemeran utama drama Taiwan Fated to Love You.

Pada saat ingin mereview drama Twins tersebut, ternyata sekilas teringat dengan lagu ost-nya yang easy listening sekali. Dulu saat melihat drama ini, lagu “Disguise” dari Lene Marlin sering di putar dan saat itu belum tahu maknanya sih. Nah saat mengumpulkan materi review, coba ah sekalian download lagu soundtracknya drama Twins sembari bernostalgia. Saat lagunya di putar dan beberapa kata mulai mengalir lembut, baru tuh mulai tahu maksud dari lagu yang dulu sering sekali di perdengarkan.Lene Marlin

Menurut pendapat kami, lirik di dalam lagu ini maknanya sangat dalam sekali. Tentang bagaimana kita dalam sebuah momen pasti pernah merasa ada kekosongan di dalam diri, dan pernahkah kita merasa tidak dapat menyesuaikan atau memenuhi apa yang di ekspektasikan oleh orang-orang. Sehingga pada saat itu kita pun mencoba untuk menguatkan diri di hadapan mereka, dan mencoba menyembunyikan diri kita yang sedang lemah. Bahkan kita pun harus menceritakan tentang keadaan kita yang sebenarnya jauh dari kenyataan yang terjadi, agar rasa penasaran, rasa keingintahuan, dan pertanyaan-pertanyaan yang membebani benak kita dapat berhenti mereka paparkan kepada kita.

Perasaan kekhawatiran yang melanda diri kita seakan membuat ingin bersembunyi, berlari menjauh dari itu semua. Kita ingin meyakinkan mereka bahwa kita baik-baik saja, meskipun keadaan kita sebenarnya dalam keadaan yang penuh dengan keputusasaan. Walaupun mencoba untuk tersenyum tetapi jauh di lubuk hati menangis, sebuah momen di mana kita berada di saat yang sulit. Mungkin kita hanya ingin sendiri saat itu, dan kita mungkin membutuhkan beberapa waktu. Waktu untuk mengatasi apa yang kita alami dan menemukan arah menuju jalan keluar.

Kadang apa yang orang-orang katakan tentang diri kita terasa sangat berat dan menyakitkan. Keadaan kita sangat jauh dari keadaan baik-baik saja, tetapi kita tidak bisa memperlihatkan keterpurukan itu. Terbersit keinginan untuk berada di tempat lain sehingga tidak perlu lagi bersembunyi, melepaskan segala rasa kekwatiran, serta saat dimana kita bisa menunjukkan bahwa yang di katakan orang tentang kita tidaklah benar. Meskipun kita tidak tahu apakah yang akan terjadi nantinya, tetapi kita masih berharap bahwa segala kepedihan yang kita rasakan pada suatu hari akan sirna dan tidak lagi tenggelam di dalam kesedihan.

Lene Marlin 1

Beberapa orang merasa bahwa lagu ini mewakili apa yang mereka rasakan. Oke berikut ini penjabaran liriknya, karena terjemahannya secara manual dan solely based on our perspective jadi kalau kurang pas gitu, langsung aja di komen ya.

Disguise

(menyamarkan/menyembunyikan)

emptiness

Pernahkah kamu merasakan seakan ada kekosongan di dalam dirimu
Bahwa kamu tidak pernah sesuai dengan ekspektasi orang-orang
Kamu harus menjadi kuat, tidak dapat menunjukkan kepada mereka bahwa dirimu lemah
Pernahkah kamu menceritakan sesuatu kepada seseorang
yang sebenarnya jauh dari kenyataan?
Biar mereka tahu bahwa kamu baik-baik saja
Hanya untuk membuat mereka berhenti dari segala rasa ingin tahu
dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin mereka miliki

i am okay

Aku baik-baik saja, sungguh aku “baik-baik saja” saat ini
Hanya membutuhkan beberapa waktu, untuk menemukan jalan keluarnya
aku tidak berbohong, aku akan jujur kepadamu
kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya

disguise

Pernahkan kamu melihat wajahmu di sebuah cermin?
Terdapat senyuman tetapi sebenarnya di dalam dirimu sangatlah kacau
Kamu merasa sangat jauh dari baik-baik saja
Merasa ingin untuk bersembunyi, “karena mereka tidak pernah mengerti”
Pernahkah kamu memiliki keinginan ini? merasa ingin berada di tempat lain
Untuk melepaskan apa yang kamu sembunyikan, juga segala kekhawatiranmu
Dan dari saat itu, kamu memandang hal-hal dengan jelas

i am okay

Aku baik-baik saja, sungguh aku “baik-baik saja” saat ini
Hanya membutuhkan beberapa waktu, untuk menemukan jalan keluarnya
aku tidak berbohong, aku akan jujur kepadamu
kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya

hope

Apakah kamu menantikan hari dimana kepedihan yang kamu rasakan sirna?
Saat di mana kamu mengetahui apa yang mereka katakan tentang dirimu tidaklah benar
Kamu tidak lagi mempedulikan hal-hal yang mengelilingimu
Mengabaikan semua suara-suara dari dindingku.

———————————————————————————————————————

 Artikel Lainnya:

Fakta: ada 27 kata “kita” diartikel ini.

– LampuKecil.com-

Advertisements

13 thoughts on “Lagu Lene Marlin yang penuh Makna (Disguise)

  1. amura

    Dari dulu suka lagu ini tapi males buat nyari lirik,,, disini translatenya keren…. Lyricnya dalem banget, jadi inget masa-masa suram dulu hahahah terimakasih lyric + translatenya 🙂

    Reply
  2. ireol_SNP48

    Dulu banget sempat cariin lagu ini. Tp gak ingat judul lagu ataupun dramanya(maklum dramanya tayang saat saya masih smp dan lom kenal internet). Pas dapet lagunya dan dengerin liriknya bener2 berkesan sampai sekarang. Meskipun udah lebih dari 10 tahun. Makasih ya min udah bawa salah satu kenangan manis dalam hidupku.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s