Seluk Beluk Gajah dari Masa Kehamilan Hingga Rentang Hidup

Anda tidak akan kesulitan membedakan gajah dengan binatang lainnya. Hewan raksasa ini terbungkus ‘baju’ berupa kulit abu-abu yang kusut dan kasar. Kakinya seperti batang pohon. Telinganya yang besar mengepak lembut seperti sayap. Gajah adalah binatang yang sangat kuat, sangat cerdas, dan sangat mudah beradaptasi. Tidak ada hewan lain seperti gajah.

Gajah2Gajah dapat berkembang biak kapan pun di sepanjang tahun. Ketika dua gajah bereproduksi, mereka akan saling memperhatikan satu sama lain. Mereka berkeliaran bersama-sama dan saling menyentuh dengan lembut melalui belalai-belalai mereka. Tapi setelah bereproduksi, secara bertahap mereka akan kehilangan ketertarikan pada satu sama lain.

Gajah betina mengandung bayinya selama 20 sampai 22 bulan. Ini adalah periode kehamilan terpanjang untuk mamalia jenis apa pun. Seekor bayi gajah yang baru lahir umumnya memiliki tinggi sekitar 3 kaki (1 meter) dan berat antara 200 dan 300 pound (90 dan 135 kilogram). Dalam waktu satu jam atau lebih setelah lahir, bayi gajah sudah bisa berjalan. Dia akan menggerakkan belalainya sedikit demi sedikit dan mencari asupan makanan berupa susu pada induknya. Segera setelah itu bayi gajah siap untuk melakukan perjalanan dengan kawanannya. Beberapa betina dewasa biasanya membantu induk saat melahirkan. Mereka juga membantu menjaga anak gajah tumbuh.

Saat lahir bayi gajah ditutupi dengan lapisan rambut yang cukup padat; Namun, mereka akan kehilangan sebagian besar rambut tersebut ketika dewasa. Dirawat sang induk selama dua tahun atau lebih, bayi gajah secara bertahap akan belajar cara makan makanan padat. Mereka akan menjadi matang untuk bereproduksi ketika menginjak usia 10 sampai 15 tahun. Tapi mereka akan terus tumbuh selama beberapa tahun setelah itu. Gajah hidup selama sekitar 60 atau 70 tahun di alam liar. Mereka dapat hidup sampai 80 tahun di penangkaran.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s