Bugs Bunny, si Kelinci Cerdik yang Usil

Gambar Bugs Bunny

Bugs Bunny merupakan karakter kartun animasi yang merupakan antropomorfisme atau personifikasi dari kelinci abu-abu yang terkenal dengan ciri khasnya yang cerdik, usil, serta pandai berkata-kata. Bugs Bunny di kenal luas sebagai salah satu karakter yang di produksi oleh Warner Bros di dalam seri animasi Looney Tunes, bahkan saking terkenalnya ia memiliki sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame atas namanya.

Sejauh ini Bugs Bunny adalah karakter kartun yang telah muncul di banyak film, videoklip, komik, iklan dan berbagai macam media. Ia juga telah tampil di berbagai film melebihi karakter kartun lainnya, dengan urutan ke sembilan sebagai tokoh perfilman yang sering di gambarkan di seluruh dunia. Karakter Bugs Bunny pertama kali di perkenalkan sekitar tahun 1938 sebagai karakter kelinci yang di buru oleh Porky si babi pemburu (Porky’s Hare Hunt).

Gambar Bugs Bunny 2

Walaupun terdapat kemunculan karakter yang menyerupai Bugs Bunny di film Porky’s Hare Hunt, film A Wild Hare yang juga di produksi oleh Warner Bros di anggap sebagai fim pertama Bugs Bunny, yang di sutradarai oleh Tex Avery. Karakter Bugs Bunny pada umumnya digambarkan sebagai sosok yang sangat pintar dan dapat mengakali siapa pun yang mengganggunya, termasuk Elmer Fudd, Yosemite Sam, Daffy Duck, Porky Pig, Tasmanian Devil, Marvin the Martian, Wile E. Coyote, Cecil Turtle, Witch Hazel, Rocky dan Mugsy, The Crusher, Beaky Buzzard, dan sejumlah karakter lainnya.

Gambar Bugs Bunny

Bugs Bunny hampir selalu menang di setiap konflik yang terjadi pada dirinya, dengan pola alur cerita yang berulang dalam film Looney Tunes yang diarahkan oleh Chuck Jones. Karena khawatir bahwa pemirsa akan kehilangan simpati mereka kepada tokoh utama yang agresif dan selalu menang. Maka Chuck Jones mengatur agar Bugs Bunny merupakan karakter yang di tindas, ditipu, atau terancam oleh tokoh lainnya di saat ia sibuk dengan kegiatan yang sedang di lakukannya. Sehingga pemirsa dapat memaklumi dan membenarkan kejenakaan Bugs Bunny sebagai balasan atau membela diri dari karakter lain yang mengganggunya.

Gambar Bugs Bunny 6

Bugs Bunny juga dikenal dapat memecah dinding keempat dengan cara “berkomunikasi” kepada penonton, dengan menjelaskan situasi yang terjadi, misalnya: “aku akan kembali kepada Anda sebentar lagi, para penonton”, menjelaskan karakter yang menjadi lawannya, misalnya: “mereka semangat sekali, ya kan?”, memberikan petunjuk, misalnya: “hal itu terjadi kepadanya di semua film, para penonton sekalian”. Selain itu kadang Bugs Bunny juga berkomunikasi dengan penonton bahwa ia terpaksa melakukan hal itu karena ia merasa terpojokkan atau ia juga kadang mengakui bahwa ia sedang usil kepada karakter yang menjadi lawannya.

Gambar Bugs Bunny 3

Seperti layaknya Mickey Mouse yang menjadi maskot untuk Disney, Bugs Bunny memiliki peran yang serupa sebagai maskot dari Warner Bros dan beberapa divisi perusahaan. Menurut Guinness World Records, Bugs Bunny telah muncul dalam film lebih banyak (baik film pendek dan film secara keseluruhan) jika di bandingkan dengan karakter kartun lain dan merupakan sosok film yang paling banyak digambarkan dengan urutan kesembilan di dunia. Pada tanggal 10 Desember 1985, Bugs Bunny menjadi karakter kartun kedua (setelah Mickey) yang tercatat menerima sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame.

Gambar Bugs Bunny Looney Tunes

Bugs Bunny juga telah menjadi pedagang keliling untuk perusahaan-perusahaan seperti Kool-Aid dan Nike. Ia juga membintangi iklan Nike dengan Michael Jordan sebagai “Kelinci Jordan” untuk produk Air Jordan VII dan VIII yang menjadi cikal bakal dari film Space Jam. Sebagai hasilnya, Bugs Bunny telah menghabiskan banyak waktunya sebagai anggota kehormatan dari merek Jordan, termasuk mempunyai logo Jordan Jumpman yang di design berdasarkan gambar lompatan ala Bugs Bunny.

Gambar Bugs Bunny Jumpman Hare Jordan

Gambar Kartun Bugs Bunny

Artikel Lainnya:

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s