Ulasan: Ronin 47 VS The Last Samurai

47-ronin-vs-the-last-samurai

Kali ini saya ingin membahas mengenai film yang baru saja saya lihat, yap film tersebut ialah 47 Ronin, sebuah film mengenai samurai yang terasingkan, memang sih waktu melihat tag line dari film ini sekilas terasa nostalgia dengan film yang meraih kesukseksan besar “ The Last Samurai” tentu anda masih ingat bukan. Memang ada perbedaan bagaimana “ samurai yang terasingkan” ini bisa sampai di tanah jepang  dimana samurai masih ada di era itu.

Jika The last samurai memiliki background waktu di saat Jepang ingin melakukan westernisasi dan menghapuskan keberadaan samurai serta meminta bantuan tentara asing untuk melatih para pasukan jepang menggunakan senapan. Lain halnya dengan 47 Ronin yang memiliki background yang kental dengan nuansa magis dan fantasi, terus apa dong yang membedakannya?, hal yang paling utama yang membedakannya ialah tingkat kesuksesan dua film ini.

47 Ronin yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini sangat kalah telak dari film The Last Samurai dari segi pendapatan, film ini bahkan dianugrahi salah satu film “The Biggest flop” alias film yang terhitung tidak mampu memperoleh pendapatan melebihi budget dari pembuatan filmnya pada akhir tahun 2013.

Apakah film ini jelek?. Jujur saja saya sangat menikmati film ini, nuansa samurai dan fantasinya terasa sekali serta disuguhkan dengan efek yang bagus, backsound cinema orchestranya keren dan mengikuti alur drama, serta artis-artis kawakan jepang yang bermain di film ini juga bagus menurut saya.

Setelah saya mengamati pendapat para kritikus dan penikmat film, saya menyimpulkan beberapa hal yang membuat film ini kurang sukses di theater, tenang kok buat anda-anda yang belum melihat film ini saya tidak berusaha menyajikan “spoiler” cerita disini hehehe, hanya opini sekilas tentang garis besar dua film ini.

Faktor utama ialah ekspektasi, ya ekspektasi terhadap film 47 Ronin, saat film The Last Samurai akan tayang di bioskop-bioskop, orang-orang bertanya-tanya dan penasaran tentang samurai yang di perankan oleh orang asing, para penikmat film sangat antusias dengan film tersebut, saat 47 Ronin keluar di bioskop, orang-orang tidak begitu penasaran lagi tentang cerita film tersebut mengenai Ronin yang di perankan oleh orang asing, bahkan di jepang sendiri sambutan dari film ini kurang antusias.

Yang kedua ialah judul 47 Ronin, banyak orang yang mengira film ini ialah remake dari film klasik 47 Ronin, padahal film ini berbeda. Film Ronin 47- nya Keanu Reeves lebih mengarah ke fantasi, dan menurut saya banyak kritik yang terlalu berlebihan jika mengaitkan film ini dengan keakuratan sejarah dan latar belakang film 47 Ronin terdahulu. Ya namanya juga film fantasi, kita disarankan menikmati film fantasi layaknya film fantasi lainnya seperti Hobbit, Narnia, atau Thor ^_^

Yang ketiga, mulai jenuhnya penikmat film dengan genre-genre cross culture seperti American Ninja, American samurai, bahkan Johny Depp yang memerankan tokoh Indian di film Lone Ranger pun mengalami flop di filmnya, padahal banyak merchandise dan action figure yang sudah dipersiapkan dalam jumlah banyak untuk film Lone Ranger tersebut, mencoba meraih kesuksesan yang sama seperti seri proyek terdahulu ” Pirates of The Carribean”

Disamping itu penayangan film 47 Ronin  ini sangat kompetitif sekali, tayang pada 6 Desember 2013 di Jepang, padahal  film-film besar seperti Thor: The Dark World, Frozen( 27 November 2013),  dan Hunger Games( 22 November 2013) tayang di area waktu yang berdekatan.

Menurut pendapat saya nih, saya lebih menyukai 47 Ronin daripada The Last Samurai, karena lebih terasa sekali aura samurai yang di perankan oleh Keanu Reeves, sedangkan The Last Samurai menurut saya lebih berasa Tom Cruise memakai kostum samurai saja sih walaupun ada beberapa bahasa jepang yang diucapkannya. Karena Keanu Reeves di film Ronin 47 ini di besarkan di jepang dan berinteraksi dengan budaya jepang sejak awal, sedangkan Tom Cruise di Film Last Samurai karakter perannya merupakan orang Amerika, yang melatih perajurit jepang. By the way saya juga penggemar film-film Tom Cruise kok, khususnya film The Minority Report besutan sutradara Steven Spielberg   ^_^

Well that’s it from me, selamat menikmati film 47 Ronin ya hehehe

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s