Apa Itu Medan Magnet Bumi?

Gambar Medan Magnet Bumi

Medan Magnet Bumi

Kita semua tahu, kompas dapat bekerja karena planet kita memiliki medan magnet, dengan kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet bumi tidak berada tepat pada tempat yang sama dengan kutub utara dan selatan geografis. Kutub magnet utara, juga dikenal sebagai utara magnetik, terletak di utara Kanada. Jarum kompas menunjuk ke arah kutub magnet utara, bukan ke arah kutub utara geografis, atau utara sejati.

Perbedaan antara utara sejati dengan utara magnet dikenal sebagai deviasi magnetik. Mengetahui penyimpangan ini sangatlah penting jika Anda menggunakan kompas untuk mencari jalan di daerah tertentu yang memiliki sedikit landmark, seperti hutan.

Arah medan magnet bumi biasanya tidak horisontal secara sempurna. Efek ini dapat dilihat jika Anda memiliki jarum kompas yang dapat mengubah ke segala arah -utara, selatan, timur, barat, atas, atau bawah. Jarum umumnya akan menunjuk ke utara, tetapi juga agak atas atau ke bawah. Sudut inklinasi magnetik mengukur apakah suatu medan menunjuk ke atas atau ke bawah. Bersama-sama, deviasi magnetik dan inklinasi magnetik menggambarkan arah garis gaya medan magnet bumi di lokasi Anda.

Efek spektakuler dari medan magnet bumi dapat dilihat di dekat kutub. Interaksi antara medan magnet dengan angin surya yang dipancarkan matahari akan menciptakan fenomena indah bernama aurora. Fenomena aurora bisa Anda pelajari lebih lanjut di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s