Tentang Pengukuran Panas

Hampir setiap hari, orang menggunakan kata-kata “panas” dan “dingin.” Sup panas; melon dingin. Uap sangat panas. Es sangat dingin. Dalam penggunaan sehari-hari, “panas” sering dianggap berarti memiliki suhu tinggi, dan “dingin” sering berarti memiliki suhu rendah. Namun panas dan suhu adalah dua hal yang berbeda.

kalorimeterPanas biasanya diukur dalam satuan yang disebut kalori menggunakan alat yang disebut kalorimeter. Satu kalori panas akan menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 °C. Kalorimeter paling umum mengumpulkan panas di dalam air. Jumlah air dan kenaikan suhu menentukan jumlah kalori.

Suhu dari suatu material yang berbeda meningkat pada tingkat yang berbeda ketika material dipanaskan. Sebagai contoh, dibutuhkan hanya 0,107 kalori untuk menaikkan suhu 1 gram zat besi sebesar 1 °C. Para ilmuwan mengatakan bahwa panas spesifik dari besi 0,107 karena butuh 0,107 kali lebih banyak panas untuk menaikkan suhunya seperti halnya untuk jumlah air yang sama.

Anda mungkin akrab dengan kalori sebagai pengukuran kandungan energi dari makanan. Satu kalori makanan, dieja dengan huruf kapital C untuk membedakannya dari kalori panas, sebenarnya adalah kilokalori, atau 1000 kalori. Panas kadang-kadang diukur dalam British thermal unit, atau BTU. Satu BTU, yang setara dengan 252 kalori, akan menaikkan suhu satu pon air sebesar 1 °F.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s