Perbedaan Magnetisme dan Listrik

Magnetisme

Saat ilmuwan di era 1700 dan 1800-an mulai mempelajari magnetisme dan listrik, mereka menemukan banyak kesamaan antara keduanya. Sama seperti magnet yang memiliki kutub utara dan selatan, listrik juga memiliki muatan positif dan negatif. Sama seperti dua kutub utara dan dua kutub selatan magnet yang saling menolak, dua muatan listrik positif atau dua muatan listrik negatif juga demikian. Dan jika satu kutub utara dan kutub selatan magnet menarik satu sama lain, muatan listrik positif dan negatif juga sama.

Para ilmuwan mempelajari kekuatan gaya menarik dan menolak itu. Mereka mengetahui bahwa hal itu tergantung pada jarak antara kekuatan atau kutub. Mereka juga mengetahui bahwa kekuatan gaya itu tergantung pada jumlah kekuatan atau kedekatan garis gaya di kutub. Untuk listrik dan magnet, para ilmuwan memiliki rumus matematika yang sama untuk menggambarkan apa yang mereka amati.

Mereka menemukan satu perbedaan penting antara listrik dan magnet. Kekuatan positif dan negatif listrik bisa eksis secara terpisah. Sebuah objek atau partikel dapat memiliki muatan positif atau negatif saja. Namun magnet selalu memiliki kedua kutub utara dan selatan. Jika Anda mematahkan magnet di tengah, Anda akan membuat dua magnet yang masing-masing memiliki kutub utara dan selatannya sendiri-sendiri.

Satu magnet besar terdiri atas banyak magnet kecil dengan kutub utara dan selatan yang selaras. Satu magnet kadang-kadang disebut dipole (“di” adalah dari kata Yunani untuk “dua”). Hal ini karena magnet tersebut harus memiliki dua kutub. Para ilmuwan terus mencari kutub utara atau selatan yang terisolasi, yang disebut monopole magnetik (“mono” dari kata Yunani untuk “satu”). Namun, monopole belum ditemukan sampai saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s