Magnet dan Magnetisme yang Bukan Lagi Misteri

Square magnet

Jika pelaut kuno pergi dari masa lalu ke masa kini, mereka akan terkejut melihat instrumen-instrumen navigasi modern seperti radar dan penerima satelit. Di dalam instrumen-instrumen tersebut ada hal-hal penting yang sebenarnya tidak akan mengejutkan mereka: magnet.

Magnet saat ini sama pentingnya dengan ratusan tahun yang lalu. Saat itu, pelaut menggunakan magnet sebagai kompas untuk memandu mereka dalam pelayaran. Pada zaman kuno, magnet dipandang sebagai sesuatu yang magis. Pada saat itu, cara magnet menarik logam tertentu atau ditarik ke arah tertentu masihlah misteri. Hari ini, kita memahami bahwa keajaiban magnet merupakan kekuatan dasar alam. Kekuatan ini berhubungan dengan listrik dan cahaya.

Meskipun kita memahami misteri tersebut, kita masih mengagumi apa yang dapat dilakukan mesin magnetik modern. Karena pengetahuan kita tentang magnet, kita dapat membuat gambar organ-organ dalam tubuh. Dan kita juga dapat menulis ensiklopedi pada titik-titik yang tidak lebih besar dari ujung peniti.

Gaya Magnet

Manusia menemukan magnet dan magnetisme sejak ribuan tahun yang lalu. Potongan dari batu hitam jenis tertentu memiliki kekuatan untuk menarik satu sama lain dan objek-objek yang terbuat dari besi. Batu-batu itu dikenal sebagai magnet dan kekuatannya disebut sebagai magnetisme.

Menurut salah satu cerita, nama-nama tersebut berasal dari tempat yang disebut Magnesia di Asia Kecil, di mana batu-batu magnet pertama kali ditemukan. Cerita lain menyebut penemuan magnet berasal dari seorang gembala bernama Magnes. Dia berdiri di atas batu hitam besar dan merasa batu itu menarik logam pada sandalnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s