Sekilas Tentang Penyakit Tetanus

Rusty Nail

Tetanus, juga dikenal sebagai kejang mulut, adalah penyakit yang bisa membuat semua otot menjadi kaku, biasanya diawali dengan otot rahang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri tetanus yang hidup di tanah, kotoran,bahkan pada nebu. Ketika bakteri tetanus menemukan jalan mereka ke tempat-tempat lembab yang hangat di mana tidak ada udara, seperti luka dalam, mereka mulai membuat toksin atau racun.

Ketika jumlah toksin tetanus terus meningkat dalam tubuh, otot akan mengalami kram. Kadang-kadang, otot-otot dapat mengencang begitu keras hingga tulang seseorang akan rusak oleh tekanan yang ditimbulkan.

Tetanus sering dikaitkan dengan benda yang karatan, terlebih lagi paku paku yang berkarat. Benda berkarat yang menumpuk sering ditemukan di luar ruangan, atau di tempat-tempat yang menampung bakteri anaerob, tetapi karat itu sendiri tidak menyebabkan tetanus juga tidak mengandung lebih banyak bakteri Clostridium tetani.

Permukaan kasar logam yang berkarat hanya sekedar menyediakan habitat utama bagi endospora (fase tidur) Clostridium tetani untuk bertempat tinggal karena luas permukaan yang tinggi, dan paku memberi sarana untuk melukai kulit dan mengantarkan endospora jauh di dalam tubuh pada lokasi yang terluka

Banyak orang telah meninggal dunia karena tetanus. Penyakit ini ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di daerah beriklim panas dan basah. Di tahun 2013, jumlah kematian yang disebabkan tetanus menginjak angka 59.000. Jumlah ini sebenarnya turun dari 356.000 di tahun 1990. Meski demikian, upaya pencegahan mutlak harus dilakukan.

Karena alasan inilah, dianjurkan agar setiap orang disuntik vaksin tetanus. Kebanyakan anak diberi tiga suntikan tetanus ketika masih bayi. Suntikan toksoid tetanus menyebabkan tubuh mulai membentuk antibodi untuk melawan toksin tersebut. Biasanya seseorang perlu suntikan penguat setiap sepuluh tahun agar tubuh mereka akan terus membuat antibodi. Vaksinasi juga diberikan segera setelah terjadi luka dalam atau luka kotor.

Orang yang sudah terkena infeksi tetanus membutuhkan bantuan medis segera untuk menangkal racun yang dibuat oleh bakteri. Dokter memberikan antitoksin untuk orang-orang tersebut. Antitoksin ini mengandung antibodi terhadap toksin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s