Olahraga Judo dan Dua Jenisnya

Judo adalah salah satu bentuk utama dari seni bela diri. Nama “judo” berasal dari kata Jepang ju, yang berarti “kelenturan,” “efisiensi,” atau “kelembutan”; dan do, yang berarti “jalan” atau “cara hidup.” Dengan demikian, judo biasanya diterjemahkan sebagai “cara yang lembut.” Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan karakter seseorang saat mengajar teknik pertarungan tanpa senjata.

Judo

Objek judo, seperti banyak seni bela diri, adalah untuk mencapai penguasaan fisik terhadap orang lain. Dalam olahraga judo, orang itu disebut lawan. Sedang dalam bela diri judo diri, orang itu disebut penyerang.

Olahraga Judo

Dalam olahraga judo, kontrol dicapai dengan menggunakan beberapa teknik agresif untuk membuat lawan menyerah. Olahraga judo memiliki aturan yang jelas. Teknik pengamanan selalu diajarkan pada pemula tentang bagaimana ia jatuh di matras tanpa cedera dan dengan membiarkan lawan menyerah. Hal ini dilakukan dengan menepuk dengan tangan atau kaki jika ia ingin menyerah.

Bela Diri Judo

Teknik yang sama yang digunakan dalam olahraga judo juga digunakan untuk bela diri judo. Dalam membela diri, para judois juga dipandu oleh aturan moral judo: Jangan pernah memulai perkelahian. Jangan pernah berkelahi kecuali diperlukan untuk melindungi kehidupan seseorang atau kehidupan keluarga seseorang atau teman-teman. Jangan pernah menggunakan kekuatan lebih dari yang diperlukan untuk menguasai penyerang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s