Warsawa dan Tempat-tempat Uniknya

Warsawa merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar negara Polandia. Kota ini terletak di Sungai Vistula di Polandia tengah timur. Wilayahnya meliputi area seluas 172 mil persegi (445 kilometer persegi) dan memiliki populasi lebih dari 1,7 juta di pusat kota. Ada lebih dari 2,7 juta orang yang tinggal di daerah metropolitan Warsawa.

Kota WarsawaStare Miasto (Kota Tua), di tepi barat Vistula, memiliki pusat sejarah, bangunan pemerintah, dan museum kota. Ada juga universitas, distrik perbelanjaan utama, dan daerah pemukiman. Nowe Miasto (Kota Baru) sebenarnya berasal dari tahun 1400-an. Daerah ini mencakup sebagian besar industri, sarana transportasi, dan pembangunan perumahan baru Warsawa.

Tempat yang menarik di Warsawa antara lain Katedral St. John, awalnya dibangun pada 1300-an; Castle Square atau alun-alun benteng, lokasi benteng istana tua; dan Belvedere, kediaman resmi presiden Polandia. Di antara taman yang paling terkenal di kota ini adalah Taman Traugutta dan Taman Lazienski. Yang terakhir memiliki sebuah monumen yang didedikasikan untuk komposer terkenal Frédéric Chopin, yang lahir di dekat Warsawa pada tahun 1810. Lembaga pendidikan utama antara lain Universitas Warsawa (didirikan pada 1818) dan Akademi Sains Polandia.

Warsawa adalah pusat industri. Barang-barang yang diproduksi di sana meliputi mobil dan lokomotif, peralatan listrik, produk kimia dan farmasi, pakaian, dan makanan olahan. Kota ini juga merupakan pusat transportasi sungai, kereta api, dan udara. Jaringan kereta bawah tanah selesai dibangun pada tahun 1995.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s