Mempelajari Sejarah Kota Warsawa

Tidak ada tahu kapan tepatnya kota Warsawa didirikan. Tetapi pada tahun 1200-an, Warsawa adalah ibukota kadipaten Mazovia, yang menjadi bagian dari Polandia di tahun 1500-an. Pada tahun 1596, Warsawa menggantikan Kraków (atau Cracow) sebagai ibukota Polandia. Selama tahun 1600-an, kota ini sering diinvasi dan mengalami kehancuran. Ketika wilayah Polandia terbagi-bagi pada tahun 1795, Warsawa jatuh di bawah kendali Prusia. Pada tahun 1807, Warsawa menjadi ibukota negara bagian Polandia, Grand Duchy of Warsaw.

WarsawaPada tahun 1815, Warsawa dimasukkan ke dalam Kekaisaran Rusia. Selama abad berikutnya, Warsawa adalah titik fokus dari pemberontakan berulang namun gagal terhadap pemerintahan Rusia. Meskipun sejarahnya penuh dengan pergolakan, kota ini terus tumbuh dan sejahtera. Pada tahun 1918, setelah Perang Dunia I, Warsawa kembali muncul sebagai ibukota Polandia merdeka.

Warsawa diduduki oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II (1939-1945). Kota ini menderita lebih banyak kehancuran dibanding kota-kota Eropa lainnya. Sebagian besar penduduk Yahudi tewas di kamp-kamp konsentrasi Jerman.

Sebuah pemberontakan pada tahun 1943 yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi yang masih hidup mengakibatkan kehancuran Ghetto Warsawa. Hal ini diikuti, pada tahun 1944, dengan kebangkitan tentara bawah tanah Polandia. Jerman menanggapi hal ini dengan menghancurkan sebagian besar kota tua dan bagian lain dari kota ini. Di akhir perang, Warsawa kembali dibangun menggunakan perencanaan, peta, dan lukisan lama.

Pada tahun 2014, Museum Sejarah Yahudi Polandia dibuka di situs di mana Ghetto Warsawa pernah berdiri. Museum ini menghadirkan pameran seribu tahun sejarah Polandia-Yahudi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s