Hati, Organ Penting dengan Lebih dari 500 Fungsi

Hati atau liver adalah organ terbesar dalam tubuh manusia, dengan berat lebih dari 3 pon atau sekitar 1,4 kilogram. Dengan struktur kemerahan berbentuk baji, hati terletak di bagian atas rongga perut, tepat di bawah diafragma (lembar otot yang membentuk lantai rongga dada) pada sisi kanan tubuh.

liverHati juga merupakan organ yang paling serbaguna dalam tubuh. Organ penting ini melakukan lebih dari 500 fungsi yang dikenal manusia. Hati menerima darah sarat makanan yang mengalir dari organ pencernaan, mengolah sekitar satu liter darah setiap menitnya. Hati juga membantu mengatur komposisi darah, menyimpan beberapa nutrisi, dan mengatur nutrisi lain pada berbagai reaksi kimia.

Fungsi lain hati adalah menghasilkan protein darah yang penting dan mendaur ulang sel darah merah dan antibodi yang sudah usang. Hati juga mengubah racun dan zat berbahaya lainnya menjadi bentuk yang kurang merusak. Hati menghasilkan zat yang disebut empedu yang sangat membantu dalam proses pencernaan lemak.

Di samping itu, hati juga mampu membantu mengatur volume darah yang mengalir melalui tubuh. Biasanya hati mengandung sekitar setengah liter darah atau sekitar 10 persen dari total volume darah tubuh. Namun, hati dapat membesar untuk menampung dua atau tiga kali lipat darah. Mengingat fungsinya yang teramat penting itu, kerusakan pada hati bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa pemiliknya.

Advertisements

One thought on “Hati, Organ Penting dengan Lebih dari 500 Fungsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s