Penjelasan Sederhana Tentang Alergi

Kita tentu sering mendengar istilah alergi. Tapi tahukah kita apa itu alergi? Alergi adalah respon abnormal oleh sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing (disebut alergen) yang biasanya tidak berbahaya. Alergi seringkali dimulai di masa kecil. Tapi sebenarnya, alergi dapat berkembang setiap saat. Di Amerika Serikat saja, diperkirakan ada sekitar 50 juta orang yang menderita alergi.

AlergiGejala alergi bervariasi, berkisar dari ringan sampai parah. Gejala yang paling umum adalah bersin, mata berair, dan hidung tersumbat (rhinitis alergik atau demam); kesulitan bernafas (asma); dan ruam kulit.

Gejala alergi lain meliputi gatal dan bengkak kulit (gatal-gatal), radang mata (konjungtivitis), dan gangguan pencernaan. Reaksi alergi yang jarang terjadi namun bisa parah adalah anafilaksis. Anafilaksis bisa menyebabkan pembengkakan jaringan tubuh, kesulitan bernapas, kram, muntah, dan penurunan tekanan darah yang cepat. Jika tidak segera diobati, anafilaksis bisa berakibat fatal.

Beberapa alergen, seperti serbuk sari, sering menyebabkan jenis respon alergi tertentu (hay fever). Tapi alergen lainnya dapat menghasilkan respon yang berbeda pada orang yang berbeda. Misalnya, alergi terhadap bulu kucing atau anjing dapat menyebabkan gatal-gatal di satu orang dan asma di orang lainnya.

Para penderita alergi disarankan untuk selalu menjauhi benda-benda yang bisa memicu alergi mereka. Dalam banyak kasus, alergi terkait erat dengan gangguan yang berhubungan dengan pernafasan, yaitu asma.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s