Apa yang Dimaksud dengan Sains?

Sains adalah pengetahuan dan pengetahuan adalah kekuatan, menurut filsuf Francis Bacon lebih dari 350 tahun yang lalu. Sains, menurut definisinya, juga jauh lebih dari itu. Pengetahuan menjadi ilmiah hanya ketika seseorang menemukan hubungan dan makna dalam fakta-fakta. Sebuah buku telepon, misalnya, berisi lebih dari 100.000 potongan informasi. Tapi semua informasi tersebut tidak membuatnya menjadi sebuah buku sains.

SainsDengan kata lain, ilmu pengetahuan mencoba memahami dunia di sekitar kita dengan menggabungkan fakta yang diamati dengan penalaran. Kita melihat ini dengan jelas dalam proses yang dikenal sebagai metode ilmiah. Metode ilmiah dimulai dengan pengamatan. Berikutnya, ilmuwan mengembangkan penjelasan yang masuk akal terhadap fakta-fakta yang diamati. Akhirnya, ilmuwan harus secara ketat menguji gagasan yang diusulkannya.

Bayangkan, misalnya, Anda menemukan jenis burung baru. Bayangkan juga Anda melihatnya makan jenis bunga tertentu dan hanya jenis bunga itu. Anda kemudian bisa menyimpulkan, “Burung X hanya makan bunga tanaman Y.”

Tapi pengamatan ini bukan merupakan hasil ilmiah. Bahkan, apa yang Anda miliki barulah gagasan atau hipotesis, yang membutuhkan pengujian. Untuk melakukannya, Anda harus merancang penyelidikan atau percobaan yang sesuai. Penyelidikan Anda bisa jadi melibatkan pengamatan besar dari burung yang baru ditemukan. Anda juga bisa mengamati mereka di lokasi yang berbeda, di berbagai waktu dalam satu hari, dan bahkan di musim yang berbeda.

Dalam proses ini, Anda akan mengumpulkan banyak informasi atau data untuk menguji hipotesis Anda. Apakah kesimpulan asli Anda benar? (Apakah burung X hanya memakan tanaman Y?) Hanya setelah mengikuti semua langkah ini (pengamatan, penalaran, dan pengujian) ide Anda akan menjadi “ilmiah.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s