Fakta Tentang Short Message Service atau SMS

Kita tentu sangat akrab dengan sistem pengiriman pesan singkat paling simpel ini. Short Message Service atau SMS adalah jenis komunikasi elektronik yang sangat populer. SMS tidak berbasis internet. Teks dikirim di antara ponsel atau smartphone. Teks dapat memiliki tidak lebih dari 160 karakter saja. Karakter SMS terdiri atas huruf, angka, dan simbol.

SMSKarena jatah karakter yang cukup sedikit, berbagai bentuk singkatan SMS pun muncul. Singkatan ini biasanya memotong kata atau menggantikan huruf dengan angka. Misalnya, jika ingin menulis ‘apanya?’, maka pengguna bisa menyingkat dengan ‘apax?’ X di sini adalah singkatan dari ‘nya’. Banyak sekali singkatan SMS yang aneh-aneh dan tak diketahui semua kalangan.

SMS tumbuh dengan cepat. Pada tahun 2000, jumlah pesan teks yang dikirim di seluruh dunia adalah 20 juta. Tahun berikutnya, jumlah itu menjadi 280 juta. Dan pada tahun 2012, jumlahnya meledak menjadi 8,6 triliun.

SMS paling berkembang di antara orang-orang muda. Sebuah survei terbaru menemukan bahwa 87 persen dari remaja Amerika Serikat yang berusia 13-17 pernah mengirimkan SMS. Mereka mengirim rata-rata 3.417 SMS per bulan.

Ber-SMS-an saat mengemudi adalah masalah serius. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa SMS-an saat mengoperasikan kendaraan bermotor meningkatkan risiko kecelakaan sebesar 23 persen. Lebih dari 1 dari 10 pengemudi selamat yang berusia 18 sampai 20 yang menjadi korban kecelakaan mobil mengatakan bahwa kecelakaan mereka terjadi ketika SMS-an, menurut pemerintah AS.

Advertisements

One thought on “Fakta Tentang Short Message Service atau SMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s