Apa yang Dimaksud dengan E-mail?

E-mail adalah singkatan dari electronic mail. Ini adalah sebuah sistem untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan yang diketik dengan komputer. Pesan akan dikirim di antara pengirim dan penerima dalam hitungan detik. E-mail dapat dilihat dan ditulis menggunakan software tertentu atau melalui antarmuka web.

Gambar E-mailUntuk mengirim e-mail, pengguna komputer harus terlebih dahulu tersambung ke layanan pesan. Gmail milik Google adalah layanan E-mail yang populer, begitu pula dengan Yahoo! Mail. Pengguna kemudian diminta untuk membuat sebuah alamat. Ini terdiri atas dua bagian. Yang pertama adalah I.D. pengguna, dan yang kedua adalah nama domain.

I.D. yang adalah nama yang dipilih oleh atau bagi pengguna. Banyak ID bentuk pendek dari nama pengguna. Misalkan nama seseorang adalah John Smith. Dia bisa menggunakan “JSmith” untuk I.D. nya. Dia juga bisa menambahkan sejumlah rincian favorit atau publik lainnya untuk membedakan dirinya dengan orang lain yang memiliki nama yang sama, misal tahun kelahiran.

Pengirim dan penerima e-mail tidak perlu online pada waktu yang sama. Ketika e-mail mencapai kotak masuk penerima, pesan akan tetap di sana sampai penerima membuka inboxnya. Penerima kemudian dapat membuka pesan dan membalasnya. Kebanyakan program e-mail dapat menyimpan ribuan e-mail. Pesan e-mail dapat bervariasi panjangnya, dari beberapa kata hingga ribuan kata. Pengirim dapat menyertakan file terlampir. File-file tersebut dapat berupa gambar, suara, atau video.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s