Apa Itu Instant Messaging (IM)?

Instant messaging (IM) mirip dengan e-mail dalam beberapa hal. IM memungkinkan dua orang untuk berkomunikasi secara online pada waktu yang sama. Pesan dalam percakapan IM ditampilkan dalam jendela khusus pada setiap layar komputer. Pesan akan muncul segera setelah dikirim. Sebuah dialog yang diketik antara dua orang terbentang ke bawah layar. Kebanyakan pesan dalam dialog IM singkat, biasanya hanya beberapa kata atau kalimat. Kita biasa menyebut IM dengan chat.

Chat

Untuk mengirim dan menerima pesan instan, pengguna harus memiliki akun IM lewat penyedianya. Yahoo! Messenger dan Windows Live Messenger adalah penyedia yang populer. Akun IM menyediakan pengguna dengan nama layar atau nama pengguna. Orang-orang lain yang ingin berkomunikasi dengan IM juga harus memiliki akun pada operator yang sama.

IM membawa risiko. Pengguna IM sebaiknya tidak berkomunikasi dengan siapa pun yang tidak mereka kenal. Dan mereka sebaiknya tidak mengirimkan informasi pribadi melalui IM. Percakapan IM dapat dibajak dan dicuri.

Seperti e-mail, IM sekarang dapat dipertukarkan pada tablet dan smartphone. Beberapa situs media sosial, termasuk Facebook, memiliki layanan IM (Facebook Messenger). Dua-pertiga dari pengguna internet di AS berkomunikasi melalui IM. Dan kini semakin banyak aplikasi di platform Android yang menawarkan kemudahan berkomunikasi lewat IM secara gratis, misalnya BBM, WhatsApp, LINE, WeChat dan sebagainya. Komunikasi kian mudah dan murah di era Android.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s