Hal Menarik dari Kota Hanoi

Hanoi adalah kota industri yang penting. Pabriknya memproduksi peralatan teknik, bahan kimia, dan tekstil. Kota ini juga merupakan pusat transportasi dan distribusi barang. Kota Hanoi terletak di jalur kereta utama utara-selatan Vietnam. Bandara Internasional Noi Bai adalah pintu gerbang utama bagi wisatawan dan para pengunjung lainnya.

HanoiPada tahun 1994 Amerika Serikat mengakhiri embargo perdagangan di Vietnam. Vietnam kemudian bergabung ke dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Sejak saat itu, kepentingan ekonomi Hanoi telah meningkat.

Hanoi adalah ibukota Vietnam dari tahun 1000 hingga awal 1800-an, ketika Hue menggantikannya. Dari tahun 1884 sampai 1954, Hanoi menjadi ibukota koloni Perancis Indochina.

Vietnam merdeka dari Perancis pada tahun 1954. Kemudian negara itu dibagi menjadi dua negara, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Hanoi menjadi ibukota Vietnam Utara. Selama Perang Vietnam, pinggiran kota industri Hanoi dibom dan mengalami kerusakan parah. Tapi kota itu lolos dari kehancuran besar. Vietnam kemudian bersatu setelah perang tahun 1976. Hanoi kemudian menjadi ibu kota negara.

Selama bertahun-tahun setelah itu, kehidupan semakin sulit bagi orang-orang Hanoi. Banyak kebutuhan dasar kehidupan, seperti perumahan dan makanan, semakin langka. Tapi kemakmuran kembali ketika negara membangun kembali perekonomiannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s