Orang Jepang, Bahasa dan Agamanya

Jepang memiliki lebih dari 125 juta penduduk, tapi memiliki luas wilayah lebih kecil dari negara bagian California di AS. Hal ini membuat Jepang menjadi salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia. Sekitar dua-pertiga dari orang Jepang adalah penduduk kota.

Orang JepangOrang Jepang adalah bangsa yang berbeda. Nenek moyang mereka bermigrasi dari daratan Asia berabad-abad yang lalu. Minoritas Jepang mencakup beberapa ribu orang Ainu, sebagian besar di pulau Hokkaido. Mereka adalah keturunan dari para pemukim awal di pulau-pulau.

Bahasa Jepang diduga berkaitan dengan bahasa Korea, Manchuria, dan Mongolia. Tapi kaitan ini terletak jauh di masa lalu. Tulisan Jepang dimulai dengan penggunaan karakter China (kanji) di tahun 400-an dan 500-an Masehi. Menggunakan kanji sebagai dasar, orang Jepang merancang huruf dua suku kata, hiragana dan katakana. Mereka digunakan bersama kanji dalam tulisan Jepang modern.

Ada lebih dari 60.000 kanji. Tapi kebanyakan buku dan koran hanya menggunakan 1.850 kanji. Bahasa Jepang juga ditulis dalam alfabet Romawi, menggunakan sistem yang disebut romaji. Kaligrafi, seni menulis indah, sangat dihargai.

Shinto dan Buddha adalah agama utama orang Jepang. Ada juga minoritas yang sangat kecil dari pemeluk Kristen di Jepang. Shinto berarti “jalan para dewa.” Ini adalah agama asli Jepang. Dewa Shinto sering mempersonifikasikan kekuatan alam. Buddha diperkenalkan dari China. Banyak orang Jepang berpartisipasi dalam upacara Shinto dan Buddha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s