Lampu Kecil

11 Tradisi dan Sopan Santun Unik dari Berbagai Negara

Budaya yang berbeda memiliki tradisi dan norma kesopanan yang berbeda. Apa yang terkesan sopan di satu tempat mungkin saja dapat menyinggung perasaan orang lain. Ketika orang-orang dari berbagai budaya bertemu dan berinteraksi satu sama lain, kemungkinan banyak terdapat ruang untuk terjadinya kesalahpahaman.

Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan sedikit riset sebelum Anda melakukan perjalanan ke temapt dengan kebudayaan dan tradisi yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh norma kesopanan dari berbagai negara, mari kita simak :

A. Di beberapa negara Afrika, melihat ke bawah saat berbicara dengan seseorang yang berasal
dari status sosial yang lebih tinggi dianggap menunjukkan sikap hormat. Sedangkan di tempat lain, hal ini dipandang sebagai tanda ketidakjujuran atau adanya rasa malu.

B. Jika Anda menganggukan kepala Anda di Yunani atau Bulgaria, hal tersebut berarti “tidak”, dan menggelengkan kepala  berarti “iya”. Beberapa negara lain yang memiliki makna terbalik antara mengangguk dan menggelengkan kepala, ialah :  Iran, Lebanon, Suriah, Turki, Mesir, Bulgaria, Albania, dan Sisilia, satu anggukan kepala (tidak sampai ke bawah) mengindikasikan “tidak”. Maka dari itu, jangan sampai mengatakan “iya” saat Anda bermaksud “tidak”. Serta bersuara banyak klik, seperti: “ckckckckc” sangatlah menyinggung di Bulgaria.

C. Alih-alih menunjukan pandangan yang tidak begitu senang terhadap seseorang yang bersendawa setelah makan, beberapa budaya melihat bersendawa dengan suara besar merupakan pujian atas makanan tersebut. Di Kanada misalnya, masyarakat Inuit menafsirkan sebuah sendawa sebagai : Terima kasih, makananmu sangatlah enak.

D. Sopan santun seputar pemberian dan penerimaan hadiah berbeda antar budaya. Di banyak tempat, dianggap tidak sopan manakala menerima undangan dan kemudian datang dengan tangan hampa. Saat menerima hadiah di Jepang dan Kolombia, dianggap tidak sopan untuk membuka hadiah di depan si pemberi.

E. Di beberapa bagian dunia, orang-orang dapat tersinggung jika penerima hadiah tidak membuka hadiah tersebut di depan mereka (terbalik dari Jepang dan Kolombia). Jadi, jika Anda seseorang asing di negara atau daerah asing, periksalah kebiasaan setempat sebelum Anda berinteraksi dengan masyarakat disana.

Selanjutnya ==> indonesia

F. Di dunia, ada banyak cara yang berbeda dari berbagai masyarakat dalam hal saling sapa-menyapa. Saling membungkung dari pinggang dengan punggung di posisikan lurus dan tangan di taruh samping adalah ucapan hormat dan sopan di Jepang. Sementara itu, di Thailand saat yang muda menyapa yang lebih tua maka mereka menempatkan kedua tangan bersama-sama dan memberikan gerakan membungkuk kecil. Di Inggris dan Amerika, berjabat tangan saat bertemu adalah cara formal yang paling nyaman untuk menyapa seseorang, dan di Prancis terdapat serangkaian gerakan ciuman pipi yang di mulai dengan pipi kiri dan memiliki sebutan faire la bise (jarang antar sesama pria).

G. Recehan yang terjatuh di jalan aspal yang kadang bentuknya sudah tidak utuh lagi, seringkali di kesampingkan oleh pengendara kendaraan dan dilewati begitu saja. Namun, lain halnya jika di Thailand, tindakan melangkahi, menginjak atau berdiri di atas recehan maupun uang kertas merupakan hal yang dianggap sangat tidak sopan. Karena wajah raja mereka di cetak dalam uang recehan maupun uang kertas, sehingga tindakan tersebut di nilai tidak menghormati raja.

H. Menunjuk dengan telunjuk jari banyak di anggap sebagai hal yang tidak sopan di berbagai negara bahkan dapat dianggap tidak menghormati manakala menunjuk dengan gestur tertentu (misalnya saat berdebat, atau marah). Menunjuk dengan telunjuk jari secara umum dapat terima saat di gunakan untuk menunjukan arah.

I. Daripada termehek-mehek dan mengalami pilek di depan umum, biasanya menghembuskan air hidung secara sekaligus lebih di pilih. Ketimbang secara terus menerus mengeluarkan suara terisak-isak yang mengganggu dan hidung yang berair secara terus menerus. Namun, di tempat lain seperti di Jepang, hal tersebut dianggap tidak tahu tata krama dan tidak sopan untuk meniup hidung Anda di depan umum, entah apakah Anda sedang mbeler atau tidak.

J. Jika anda meniup hidung di depan umum karena pilek di anggap tidak sopan di jepang, justru mengupil merupakan hal yang dapat di terima secara sosial di sana. Lain halnya di negara lain, mengupil di anggap hal yang sangat tidak sopan dan memalukan juga menjijikan.

K. Di indonesia terutama di Jawa, menunjuk menggunakan telunjuk tangan dianggap kurang sopan terlebih jika lawan bicara merupakan sosok yang lebih tua (sepuh). Menunjuk menggunakan ibu jari dengan jari lainnya mengepal (kepalan ibu jari) lebih di pilih oleh masyarakat yang masih menjalankan tradisi. Begitu juga saat melewati orang yang lebih tua, di jawa terdapat kebiasaan untuk sedikit membungkuk dengan lengan kebawah sambil membentuk “kepalan ibu jari” seperti di atas, sembari mengucapkan nuwun sewu. Tentu dengan derasnya arus informasi, kebiasaan ini mulai luntur di berbagai daerah di jawa.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements