Lampu Kecil

Apa yang Dimaksud dengan Karbohidrat?

Advertisements

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar istilah karbohidrat, atau yang dalam dunia modern cukup disingkat dengan istilah karbo (carb dalam bahasa Inggris). Karbohidrat adalah senyawa kimia yang terdiri atas karbon, oksigen, dan hidrogen. Ada dua bentuk dasar dari karbohidrat: sederhana dan kompleks. Gula, seperti glukosa dan fruktosa, adalah karbohidrat sederhana.

Pati (pada tanaman) dan glikogen (pada manusia dan hewan lainnya), yang terbentuk dari rantai panjang partikel gula, adalah karbohidrat kompleks. Karena ada banyak pati dalam tanaman dan sangat sedikit glikogen pada hewan, pati tanaman adalah karbohidrat kompleks yang disebut sebagai nutrisi.

Sebagian besar energi yang kita butuhkan untuk kegiatan sehari-hari diperoleh dari kelompok nutrisi ini, yang menyediakan 4 kalori per gram karbohidrat. Karbohidrat sederhana dipecah atau dicerna dengan cepat dan digunakan oleh tubuh untuk membuat energi segera. Gula ditemukan dalam berbagai makanan, seperti susu dan produk susu, buah-buahan, gula meja, madu, sirup, selai, dan jeli.

Meski gula adalah pasokan energi yang siap pakai, pati harus dipecah menjadi gula sebelum tubuh dapat menggunakannya untuk energi. Pati ditemukan dalam roti, sereal, kentang, pasta, nasi, dan biji-bijian lain seperti bulgur dan couscous. Makanan karbohidrat kompleks ini menyediakan pasokan energi.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Advertisements