Lampu Kecil

Cara Paling Tepat Melindungi Mata Kita

Advertisements

Karena mata adalah struktur halus dan dapat dengan mudah terluka, perawatan khusus harus dilakukan untuk melindunginya. Kotoran yang melayang, seperti serpihan kayu dari gergaji atau ranting dan batu kecil yang terlempar dari mesin pemotong rumput sangat bisa merusak mata. Selalu pakai kacamata pelindung setiap kali Anda berada di dekat bahaya seperti itu.

Kacamata juga harus dipakai untuk melindungi mata saat bermain olahraga tertentu. Dalam badminton, misalnya, bola cukup kecil untuk terbang ke bawah alis dan menghantam mata. Cahaya yang kuat dapat sangat merusak mata. Jangan melihat langsung ke matahari karena hal ini dapat merusak makula. Melihat langsung cahaya hitam (ultraviolet) juga dapat merusak mata.

Jika debu atau kotoran masuk ke kornea atau dalam kelopak mata -dan kedipan tidak dapat membuangnya- jangan menggosok mata Anda. Menggosok dapat menyebabkan kotoran menggores kornea. Bersihkan kotoran di mata dengan amat lembut. Kotoran harus dibuang secara lembut dengan pucuk tisu. Jangan gunakan benda tajam untuk tujuan ini. Benda tajam tidak boleh digunakan dekat mata.

Jika Anda merasa Anda tidak bisa melihat dengan jelas, periksa mata Anda. Anda mungkin perlu kacamata. Dokter mata atau oftalmologis dapat memeriksa mata Anda. Dokter mata adalah dokter yang akan menguji mata Anda dan juga dapat mengobati semua gangguan, penyakit, atau cedera mata. Dokter mata yang terlatih akan memberikan kacamata dan lensa kontak yang sesuai. Jika Anda sudah memiliki kacamata, kenakan selalu dan tetap periksa mata Anda secara teratur.

Artikel Menarik Lainnya :

Advertisements

Advertisements