Lampu Kecil

45 Fakta Menarik tentang Panda yang Lucu

Advertisements

Panda merupakan hewan yang tak asing lagi dengan kita, ciri-ciri khususnya yang unik dengan lingkaran berwarna bulat pada area mata, serta badan yang sangat lucu dan menggemaskan bagi kebanyakan orang yang melihatnya. Terlebih lagi kegemaran hewan yang satu ini untuk memakan bambu membuat panda sebagai hewan yang unik.

Panda memiliki keinginan makan yang sangat besar pada bambu. Hewan yang spesial ini setidaknya membutuhkan kurang lebih 12,5 kilogram bambu setiap harinya. Panda adalah merupakan beruang yang asli berasal dari Tiongkok, di mana panda dianggap sebagai sebuah kebanggan nasional.

Artikel lainnya: 

Meskipun demikian panda raksasa terancam punah: hanya sekitar 2000-an ekor yang hidup di alam liar, dan hanya ada sekitar dua ratusan panda yang tersebar di seluruh kebun binatang di dunia. Problem utamanya ialah habitat panda yaitu area dengan jumlah bambu yang memadai telah berkurang seiring waktu dan juga kendala pengembang-biakan panda.

Berikut ini kami sajikan untuk anda beberapa fakta menarik tentang panda yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan, mari kita simak bersama-sama.

1. Rentang masa hidup panda di alam liar adalah sekitar 20 tahun. Sedangkan Panda di penangkaran mungkin dapat hidup 25 hingga 30 tahun.

2. Panda liar hanya hidup di daerah terpencil, yaitu kawasan pegunungan di Tiongkok bagian Tengah. Hutan-hutan bambu yang berada di area tinggi ini berudara dingin dan lembab, merupakan area yang disukai oleh panda. Di musim panas, panda kemungkinan dapat naik setinggi 3.962 meter untuk mencari makananan pada lereng yang lebih tinggi.

3. Terdapat sebuah filosofi mengenai keseimbangan di Tiongkok yaitu Yin dan Yang. Panda adalah salah satu simbol dari filosofi ini dengan adanya fitur bulu yang berwarna hitam dan putih yang kontras. Masyarakat disana mempercayai bahwa sifat dasar panda yang lembut menunjukkan bagaimana Yin dan Yang dapat membawa kedamaian dan keselarasan ketika mereka dalam keseimbangan.

4. Panda telah menjadi simbol perdamaian di Tiongkok sejak dahulu kala. Sebagai contohnya ialah pada ratusan tahun yang lalu, di saat suku-suku di Tiongkok berperang, mereka akan menaikkan bendera dengan gambar panda di didalamnya untuk menghentikan peperangan atau meminta gencatan senjata.

5. Panda telah hidup di Bumi selama dua sampai tiga juta tahun lamanya dan secara ilmiah nama panda ialah Ailuropoda melanoleuca.

6. Menurut legenda, semua panda dulunya merupakan beruang yang berwarna putih. Pada suatu ketika seorang gadis kecil mencoba menyelamatkan seekor anak panda dari serangan macan tutul, akan tetapi yang terjadi ialah gadis kecil itu kehilangan nyawanya akibat di serang oleh macan tutul. Panda-panda berdatangan pada pemakaman gadis kecil itu dengan mengenakan ikat lengan dari abu yang berwarna hitam. Saat mereka menyeka mata mereka, serta saling berpelukan, abu itu menutupi tubuh mereka selama bertahun-tahun, dan pada akhirnya abu hitam itu melekat seterusnya.

7. Panda merah dan panda raksasa berbagi habitat yang sama serta pola makan yang sama, dan kedua hewan ini juga terancam punah. Namun, tes ilmiah menunjukkan bahwa panda merah termasuk di dalam keluarga rakun sedangkan panda termasuk dalam keluarga beruang. Namun beberapa ilmuwan lainnya percaya bahwa panda merupakan spesies yang sangat istimewa sehingga panda seharusnya memiliki kelompok keluarga tersendiri.

8. Panda sebenarnya bisa berdiri tegak, akan tetapi karena kaki belakang mereka yang pendek  sehingga panda tidak cukup kuat untuk menopang tubuh mereka. Tulang panda dua kali lebih berat dari tulang hewan lainnya walaupun dengan ukuran yang sama.

9. Bisakah panda berlari kencang?  berlarian kecil dengan lambat merupakan kecepatan tercepat mereka, bahkan lebih lambat daripada manusia saat jogging. Beruang tercepat adalah beruang hitam, yang dapat mencapai kecepatan 35 mil per jam. Kecepatan Itu kurang lebih sama cepat dengan kuda atau rusa.

10.  Panda kurang mengandalkan memori visual jika di bandingkan dengan penggunaan memori spasial, yang mereka lakukan untuk mencari daerah penjelajahan dengan tujuan menemukan pasangan dan menandai lokasi bambu yang mereka sukai. Memori spasial didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengingat lokasi.

11. Bayi panda perempuan membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk menjadi dewasa dan bayi panda laki-laki membutuhkan waktu hingga tujuh tahun untuk menjadi panda dewasa. Berat panda dewasa dapat mencapai 150 kilogram.

12. Nenek moyang panda raksasa adalah Ailurarctos (“beruang kucing”), merupakan genus panda yang telah punah di Tiongkok, diperkirakan hidup 8 juta tahun yang lalu. Tengkorak leluhur panda lainnya, yaitu  Ailuropoda microta, menunjukkan bahwa ukurannya sekitar setengah dari panda panda raksasa di zaman modern.

13. Penelitian menunjukkan bahwa selama 3 juta tahun terakhir, panda raksasa telah mengalami perkembangan sebagai keturunan yang terpisah dari beruang lain.

14. Panda memiliki kaki plantigrade. Yang berarti bahwa seluruh kaki panda (jari kaki dan tumit) menyentuh tanah saat berjalan, yang mirip dengan cara berjalan manusia, beruang lain, dan juga  tikus. Hewan lain, seperti anjing, kucing, dan kuda berjalan dengan berat badan mereka bertumpu pada jari kaki.

15. Uniknya, ibu panda lebih sering melahirkan panda kembar pada saat berada di penangkaran, jika di bandingkan dengan ibu panda yang berada di alam liar.

16. Panda kecil tinggal dengan ibunya selama tiga tahun, yang berarti bahwa ibu panda di alam liar hanya dapat membesarkan tiga atau empat anak panda dalam waktu sepanjang hidupnya.

17. Meskipun bulu panda raksasa terlihat halus dan lembut, namun sebenarnya sangat tebal dan liat. Rambut dari panda raksasa dewasa bisa tumbuh hingga 10 cm panjangnya.

18. Sayangnya, beberapa pemburuan panda masih terjadi dan permintaan terhadap bulu panda juga masih tinggi. Harga bulu panda di pasar gelap di patok dengan harga $60.000 hingga $100.000.

19. Hewan yang gemar memakan bambu ini menghabiskan waktu kurang lebih 16 jam untuk mengkonsumsi bambu, karena kurangnya nutrisi yang terdapat pada bambu.

20. Para peneliti masih belum yakin mengapa panda memiliki tanda di tubuhnya. Beberapa ahli biologi mempercayai bahwa panda memiliki warna yang terang dan gelap untuk berkamuflase di bayangan pada hutan bambu. Beberapa peneliti lainnya meyakini warna hitam dan putih untuk menstabilkan temperatur, atau untuk menghindari panda lainnya. Dan yang lainnya mempercayai bulatan hitam pada mata panda utuk mengesankan mata yang lebih besar dan seakan tatapannnya menjadi tajam.

21. Wajah panda raksasa memang sangat lucu, tapi sebenarnya itu bukan karena panda kegemukan. Panda mendapat bentuk lucu tersebut dari otot pipi yang besar. Bahkan, rahang dan otot pipi panda raksasa begitu kuat sehingga panda dapat dengan mudah mengunyah piringan aluminium menjadi potongan-potongan kecil. Mereka juga dapat dengan mudah menggigit menembus tangkai bambu yang tebal. Sedangkan, manusia memiliki kesulitan memotong tangkai yang sama dengan kapak.

22. Tenggorokan panda memiliki sebuah lapisan khusus untuk melindunginya dari serpihan bambu.

23. Panda raksasa memiliki 42 gigi. Sama seperti manusia, panda raksasa memiliki dua set gigi dalam hidup mereka.

24. Hanya ada satu jenis spesies panda yaitu Ailuropoda melanoleuca (atau “Kaki Kucing hitam dan putih”). Panda liar hanya hidup di area terpencil di bagian barat daya Tiongkok.

25. Orang-orang Tiongkok menyebut Panda raksasa dengan Da Xiong Mao atau “Kucing beruang besar.” Panda juga telah dikenal dengan sebutan “macan tutul putih,” “binatang pemakan besi,” dan “beruang bambu.”

26. Kata “panda” mungkin telah dikembangkan dari kata dalam bahasa Nepal yaitu “Poonya”, yang memiliki arti “hewan pemakan bambu” atau “hewan pemakan tumbuhan”.

27. Setelah kunjungan Presiden Amerika Richard Nixon ke Tiongkok pada tahun 1972. Pemimpin Tiongkok yaitu Presiden Mao memberikan 2 Panda kepada Presiden Nixon, yaitu Ling Ling dan Hsing Hsing. Dua panda tersebut di rawat di National Zoo, Washington D.C. Lebih dari satu juta orang telah melihat 2 panda tersebut pada tahun pertamanya di sana. Dan Presiden Richard Nixon, merupakan presiden pertama Amerika yang pernah mengujungi Tiongkok.

28. Ibu panda raksasa biasanya melahirkan hanya seekor anak panda. Kadang-kadang panda kembar dilahirkan oleh ibu panda, tetapi ketika hal ini terjadi, ibu panda biasanya mengabaikan anak yang lebih lemah. Ibu panda tidak memiliki energi yang cukup untuk merawat kedua anaknya.

29. Panda raksasa pertama yang dilahirkan di penangkaran lahir pada tahun 1963 di kebun binatang Beijing.

30. Panda raksasa telah terusir dari daerah dataran rendah di mana mereka dulunya tinggal dan sekarang hanya ditemukan di beberapa provinsi di Tiongkok yaitu Sichuan, Gansu, dan Shaanxi. Hutan di provinsi ini sangatlah basah dan berhujan. Dalam satu tahun, hutan ini dapat menerima hingga 50 inci hujan dan salju.

31. Panda raksasa tidak melakukan hibernasi karena pola makan bambu mereka, sehingga tidak akan memungkinkan bagi panda untuk membangun cadangan lemak yang memadai untuk musim dingin.

32. Ada 300 spesies bambu di Tiongkok. Dan terdapat sekitar 25 jenis bambu di pegunungan di mana panda biasanya hidup. Bambu yang di konsumsi panda tidak dicerna secara sempurna oleh panda.

33. Meskipun 99% dari pola makan mereka adalah bambu, sistem pencernaan panda dirancang untuk mengkonsumi daging. Bahkan, panda hanya menyerap 20% -30% dari nutrisi bambu.

34. Pemakan tumbuhan lainnya seperti rusa menyerap sekitar 80% nutrisi. Ini berarti bahwa panda harus makan dalam sebagian besar waktu saat tidak tidur untuk mendapatkan cukup nutrisi agar dapat bertahan hidup.

35. Panda merupakan hewan yang paling mahal untuk dipelihara oleh kebun binatang. Jika ingin memelihara seekor panda maka dibutuhkan biaya setidaknya 5 kali dari gajah yang merupakan hewan termahal kedua.

36. Panda dapat mengupas dan memakan batang bambu hanya dalam waktu 40 detik.

37. Tidak ada gambaran artistik panda raksasa yang tercatat sebelum abad ke-20.

38. Panda dewasa memiliki ukuran yang begitu besar sehingga mereka tidak memiliki banyak musuh secara alami. Akan tetapi macan tutul salju, dapat memangsa anak panda yang lemah atau panda dewasa yang telah tua dan sakit.

39. Di balik bulu panda, kulit panda berwarna hitam di area yang terdapat bulu hitam, dan kulit panda berwarna pink di area dimana bulu panda berwarna putih.

40. Panda memiliki indera penciuman yang sangat tajam, bahkan di malan hari panda dapat menemukan batang bambu terbaik hanya berdasarkan pada indera penciuman yang di milikinya.

41. Panda memiliki keunikan tersendiri, yaitu ia memiliki “ibu jari” yang di gunakan untuk menggenggam batang bambu, yang merupakan modifikasi dari tulang lengan.

42. Tidak seperti keluarga beruang yang lainnya, untuk berkomunikasi panda tidak menggunakan ekspresi wajah.

43. Saat panda ingin menunjukkan ancaman pada lawannya, panda menatap lawannya dengan wajah menunduk kebawah. Para peneliti percaya panda mungkin melakukan hal tersebut sehingga telinga panda yang berwarna hitam akan terlihat seperti sepasang mata yang berlawanan dengan bulu putih di lehernya

44. Panda kadang-kadang terlihat berguling-guling di kemiringan. Bisa jadi mereka mungkin sedang bermain, atau dapat juga mereka sedang berupaya untuk menjatuhkan ranting dari bulu mereka.

45. Panda tidak memiliki tempat yang khusus untuk beristirahat, jika meraka merasa lelah setelah bermain, panda bisa terlentang di tanah sesuka hatinya.

Bonus Foto-foto panda yang lucu :

– Lampukecil.com –

Advertisements

Advertisements