5 Hal Menarik mengenai Teh dan juga Sejarahnya

White ship vintage ship

Kapal Clipper

D. Peperangan karena Teh

Perdagangan teh sangatlah menguntungkan sehingga perahu layar tercepat di dunia, kapal clipper pun tercipta dikarenakan persaingan ketat diantara perusahaan perdagangan Barat. Semuanya berlomba membawa teh mereka kembali ke Eropa untuk memaksimalkan keuntungannya. Pada awalnya, Inggris membayar semua teh dari Tiongkok tersebut dengan menggunakan perak.

Ketika pembayaran dengan perak di rasa terlalu mahal, Inggris menyarankan perdagangan teh dengan zat lain, yaitu candu (trik yang jahat). Hal ini memicu masalah kesehatan masyarakat di Tiongkok saat banyak masyarakat yang menjadi kecanduan narkoba. Kemudian pada tahun 1839, seorang pejabat Tiongkok memerintahkan anak buahnya untuk menghancurkan pengiriman opium Inggris secara besar-besaran sebagai sebuah pernyataan melawan pengaruh Inggris atas Tiongkok.

Tindakan ini memicu Perang candu Pertama antara kedua negara. Pertempuran berkecamuk di area atas dan bawah pantai Tiongkok sampai dengan 1842, ketika Dinasti Qing yang pada akhirnya menyerahkan pelabuhan Hong Kong kepada Inggris dan kemudian mengembalikan perdagangan dengan persyaratan yang tidak menguntungkan. Perang tersebut melemahkan kedudukan Tiongkok secara global selama lebih dari satu abad.

tea farm kebun teh

E. Operasi menyelinapkan Teh

Perusahaan British East India (Kongsi Dagang Hindia Timur Britania) juga ingin dapat menanam teh mereka sendiri dan mengendalikan pasar secara lebih jauh. Maka dari itu mereka menugaskan ahli botani yaitu Robert Fortune untuk mencuri teh dari Tiongkok dalam operasi rahasia. Dia menyamar dan melakukan perjalanan yang berbahaya melalui daerah pegunungan teh di Tiongkok.

Akhirnya penyelundupan pohon teh dan pekerja teh yang berpengalaman pun berhasil, kemudian mereka munuju ke Darjeeling, India. Dari sana, tanaman teh menyebar lebih jauh lagi, membantu mendorong pertumbuhan teh yang sangat cepat sebagai komoditas sehari-hari. Saat ini, teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air. Dan cara di sajikannya pun berbeda-beda, mulai dari teh Rize Turki yang manis hingga teh mentega Tibet yang asin. Terdapat beraneka ragam cara untuk menyiapkan minuman teh, karena sangat banyaknya kebudayaan di dunia.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

2 thoughts on “5 Hal Menarik mengenai Teh dan juga Sejarahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s