Ayodhya, Kota Suci India yang Jadi Saksi Sejarah

Ayodhya adalah sebuah kota kecil di negara bagian India Uttar Pradesh. Orang Hindu memujanya sebagai tempat kelahiran dewa Hindu Rama, dan kota ini merupakan salah satu situs ziarah Hindu yang paling penting. Sebuah masjid Islam yang dibangun berabad-abad lalu, sekarang hancur, pernah berdiri di sebuah situs di Ayodhya hingga banyak umat Hindu mengklaim tempat itu suci untuk agama mereka. Konflik atas situs itu telah menyebabkan banyak kekerasan antara pemeluk Hindu dan Islam.

AyodhyaKota Ayodhya memiliki sejarah panjang. Epos Hindu kuno menyebut kota ini, dan Buddha mungkin telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di sana. Pada sekitar tahun 500 SM, Ayodhya adalah ibukota kerajaan Kosala. Kota ini juga dikenal sebagai Oudh atau Awadh. Pada periode sejarah yang berbeda, daerah sekitarnya juga telah dikenal dengan nama ini.

Pada 1520, Babur, Kaisar Mughal pertama, membangun Masjid Babri (Masjid Babur) di Ayodhya. Banyak umat Hindu berpendapat bahwa masjid ini dibangun di atas reruntuhan sebuah kuil yang pernah berdiri di situs tempat kelahiran Rama. Dimulai pada tahun 1930-an, masjid itu menjadi pusat perselisihan antara orang Hindu dan Islam. Pengacau merusak masjid itu pada beberapa kesempatan.

Pada tahun 1980-an, ekstrimis Hindu mulai menyerukan penghancuran masjid dan pembangunan sebuah kuil Hindu di tempatnya. Pada bulan Desember 1992, kelompok besar aktivis Hindu turun Ayodhya dan benar-benar menghancurkan masjid dalam satu hari. Sebuah organisasi Hindu ekstremis, Vishwa Hindu Parishad (VHP), kemudian mengumumkan rencana untuk membangun sebuah kuil untuk Rama di situs masjid. Perselisihan mengenai rencana ini dan klaim pada situs telah menyebabkan kerusuhan dan kekerasan antara umat Hindu dan Islam di seluruh India.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s