7 Pembelajaran dari Kehilangan Orang yang Anda Cintai

flamingo

3. Penyembuhan adalah sebuah proses, ketahuilah proses itu dan jangan terburu-buru

“Tunggulah. Tunggulah saat dimana Anda mampu untuk menyembuhkan diri dan berpijak dengan kaki Anda kembali. Dan memulai sebuah langkah baru, langkah perjalanan Anda yang membuat Anda menjadi pribadi yang seutuhnya lagi.”

Rasa kehilangan itu menyakitkan. Tidak hanya karena kehilangan orang yang Anda cintai, tetapi kehilangan harapan dalam kehidupan juga merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk di hadapi. Kita pada sebuah waktu pasti merasa penuh dengan kekecewaan, rasa putus asa, kesedihan, atau perasaan marah karena kita merasa telah ditinggalkan oleh orang yang kita anggap merupakan sosok yang berharga bagi diri kita.

Apa yang kita rasakan adalah sebuah hal yang sangat nyata dan Anda perlu untuk melalui sebuah proses dan merasakan kesedihan Anda. Terimalah kenyataan bahwa dibutuhkan waktu untuk menyembuhkan dan bahwa pasti terdapat cahaya di ujung terowongan yang gelap. Anda hanya harus melewati terowongan yang gelap tersebut. Anda dapat mengubur rasa sakit yang mendalam dalam diri Anda dan berpikir bahwa Anda telah mengatasinya, serta Anda pun bisa melanjutkan hidup kembali. Tapi, kami menjamin bahwa jika Anda tidak mengakui dan mengatasi rasa sakit emosional Anda dengan sebaik-baiknya, perasaan yang tidak menyenangkan itu akan kembali menemukan Anda.

Bagian penting lainnya dari proses penyembuhan adalah memaafkan. Ini adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan, terutama bila Anda telah dikecewakan dan dikhianati oleh orang yang anda cintai.

Memaafkan tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, ketika Anda membebaskan diri dari pikiran dan perilaku negatif, Anda akan menjadi lebih mampu untuk menjalani kehidupan yang penuh harapan, optimisme dan kebahagiaan.

4. Gunakanlah pilhan untuk hidup lebih bahagia 

Kita tidak bisa mengontrol hal yang buruk untuk tidak terjadi dalam hidup kita. Namun, kita memiliki pilihan untuk bereaksi terhadap tantangan yang muncul dalam hidup kita, yaitu kekuatan untuk memilih. Lebih pentingnya ialah bagaimana kita menjalani hidup ini tergantung pada bagaiamana kita memilih untuk menjalaninya, jika Anda memilih bahagia maka cobalah untuk berbahagia dengan rasa syukur dan keikhlasan. Cobalah untuk menerima diri Anda dan menyayangi diri Anda.

5. Temukanlah tujuan yang ingin Anda capai

Ketika Anda merasa kehilangan dalam hidup Anda cobalah untuk tidak menggapnya sebagai sebuah kehilangan. Tetapi sebuah kesempatan bagi diri kita untuk berada di jalur yang tepat dalam kehidupan kita, yang mana merupakan sebuah arah yang seharusnya kita tuju. Setiap perasaan kehilangan pasti pernah terjadi pada diri seseorang, semisalnya di khianati oleh orang yang Anda percayai, atau di tinggalkan oleh teman terdekat Anda tanpa menoleh kembali ke arah Anda, atau tiba-tiba saja orang yang sangat Anda cintai menghilang dari sisi Anda. Anda akan menemukan bahwa pada saat itu Anda mulai mengerti mengenai diri Anda sendiri.

Kadang tujuan utama Anda adalah merupakan tempat berpegang yang baik bagi diri Anda, jangan luangkan pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang membuang energi dan menarik diri Anda dalam kesedihan. Anda bisa memulai fokus pada apa yang Anda miliki, bukan pada hal yang Anda tidak miliki. Perjalanan menuju kebahagiaan di mulai dengan Anda memilih untuk merasa bahagia, dan bersikap positif pada keadaan Anda.

next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s