5 Hewan dengan Solidaritas dan Perasaan yang Tinggi

Colourful ant

4. Semut

Terdapat pepatah dari Tiongkok yang berbunyi ” satu semut mungkin dapat menghancurkan satu bendundungan” merujuk pada kesatuan dan solidaritas yang dimiliki oleh semut. Hal ini dikarenakan semut hidup dengan cara berkoloni dan sangat rela berkorban bagi kelompoknya. Bahkan semut akan lebih mementingkan kelompoknya jika dibandingkan dengan dirinya sendiri. Misalnya, terjadi sebuah musibah yaitu banjir, maka semut akan bersatu menjadi sebuah rakit yang akan dinaiki oleh ratu semut dan juga telur semut. Para semut yang menjadi rakit rela berkorban dan lebih mementingkan keberlangsungkan kehidupan rekan-rekannya.

Semut juga mampu memecahkan masalah yang kompleks secara bersama sama, dengan berkomunikasi di antara satu sama lain. Juga saat semut bereksplorasi untuk menemukan makanan, mereka meninggalkan jejak sebagai tanda yang menunjukan lokasi makanan tersebut berada dan saat makanan tersebut telah habis, semut akan menghapus jejak sinyalnya agar yang lainnya tidak datang dengan sia-sia.

Ant working semut

Mengenai perasaan, hmmm.. semut juga bisa putus asa maupun bersemangat lho. Seperti yang kita tahu semut merupakan makhluk yang senang mengembara dalam mencari makanan bagi kelompoknya, kadang saat mengembara mereka membentuk kelompok kecil. Uniknya kelompok kecil yang berpetualang ini jika sering gagal dalam menemukan makanan, maka terdapat kemungkinan mereka untuk berputus asa dan beralih profesi, menjadi penjaga telur misalnya. Lain cerita jika kelompok kecil lainnya yang sering sukses menemukan makanan, maka mereka akan terus bersemangat serta optimis berekspedisi mencari makanan setiap hari.

Little Orca5. Orca

Walau sebutannya ialah Paus, sejatinya orca merupakan keluarga dari lumba-lumba hanya saja ukurannya sangatlah besar bahkan mereka anggota yang terbesar, serta memiliki corak yang unik yaitu hitam dan putih. Secara sekilas Orca terlihat sangat imut, bahkan banyak boneka lucu yang yang berbentuk orca, atau film yang menampilkan Orca yang bersahabat dengan manusia.

Perlu anda ketahui, Orca merupakan pemburu paling handal di lautan bahkan hiu yang paling besar yaitu the great white shark pun sering mendapat serangan dari orca. Status Orca di lautan ialah apex predator yang artinya mereka adalah predator paling puncak yang tidak ada tandingannya, bahkan tidak ada hewan yang memburu mereka. Orca biasa berburu secara berkelompok dengan strategi serangan yang sistematis dan penuh perhitungan. Hewan yang menjadi buruan mereka bervariasi dari ikan hingga mamalia laut. Meskipun demikian, Orca di alam liar hampir tidak pernah menyerang manusia dan belum terdapat adanya laporan serangan yang fatal oleh orca di laut.

Orca Family

Orca memiliki sisi solidaritas yang tinggi diantara sesamanya, karena Orca merupakan hewan yang memiliki kultur dan sosial yang tinggi. Ilmu pengetahuan tentang lautan dan teknik berburu di turunkan dari generasi ke generasi. Saat anak Orca akan di tangkap oleh manusia untuk di jadikan hewan hiburan di akuarium, sang ibu beserta orca lainnya akan berusaha memancing perahu untuk mengikuti mereka ke arah jalur buntu. Mereka membiarkan dirinya tertangkap, dengan tujuan agar anak mereka bisa lepas melarikan diri ke lautan. Orca hidup secara berkeluarga, dengan nenek, anak, serta cucu. Orca perempuan tertua (nenek) dapat berumur hingga 90 tahun dan mereka berenang secara bersama-sama.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s