6 Terowongan Paling Fenomenal dan Unik di Dunia

4. Terowongan Thames Tunnel yang ada di London, Inggris

Thames Tunnel

Salah satu terowongan yang sangat unik di dunia dan berasal dari negara Inggris adalah Terowongan Thames. Terowongan ini berada di bawah air tepatnya dibangun di bawah Sungai Thames London. Terowongan Thames Tunnel menghubungkan wilayah Rotherhithe dan juga Wapping. Ukuran lebar dari terowongan ini adalah lebarnya 11 meter dengan tingginya 6 meter. Kedalaman terowongan Thames mencapai 23 meter di bawah permukaan sungai yang diukur saat air laut pasang.

Terowongan Thames Tunnel merupakan terowongan pertama kali yang desainnya berada di bawah air. Proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang sangat lama, mulai tahun 1825 hingga 1843. Saat ini terowongan Thames digunakan untuk jaringan kereta api London Overground. Jika dilihat dari model dan bentuk mungkin Terowongan Thames tidak mengagumkan, namun jika melihat sejarah pembuatannya maka terowongan ini memiliki keunikan tersendiri. Panjang terowongan Thames mencapai 396 meter dan menggunakan Perisai tunneling. Terowongan ini dibuat oleh Sir Marc Isambard Brunel.

5. Terowongan Channel yang menghubungkan negara Perancis dan Inggris

Channel Tunnel

Salah satu terowongan yang unik lainnya ialah adalah Terowongan Channel. Memiliki panjang sejauh 50,5 kilometer di bawah Selat Inggris, yang menghubungkan wilayah Folkestone, Inggris dan Coquelles, Perancis dengan kedalaman 75 meter di bawah laut. Struktur terowongan ini sangat besar dan mulai di kerjakan di tahun 1988 serta di buka untuk umum pada tahun 1994.

Channel Tunnel detail

Jika Seikan Tunnel memiliki rekor sebagai terowongan terdalam, maka Channel Tunnel memiliki rekor sebagai terowongan dengan area di bawah laut yang terpanjang. Sebagian panjang Channel Tunnel, yaitu 37.9 kilometernya berada di bawah laut, sedangkan Seikan Tunnel memiliki bagian 23,3 kilometer panjangnya di bawah laut.

6. Terowongan Gotthard Base Tunnel, di Swiss

Gotthard Pass Tunnel

Gotthard Base Tunnel, merupakan terowongan pemegang rekor utama sejauh ini. Dengan menyandang dua gelar sekaligus, yaitu terowongan terpanjang dan terdalam di dunia. Dengan panjang rute sejauh 57,09 km dan total 151,84 km yang terdiri atas terowongan, poros dan berbagai lintasan maka Gotthard Base Tunnel dengan pasti menyandang gelar terowongan terpanjang dan juga terdalam di dunia karena melintasi area di bawah pegunungan Alpen, Swiss.

Dan juga Gotthard Base Tunnel merupakan rute datar pertama yang berada di area bawah melewati pegunungan Alpen. Dasar pembangunan lintasan kereta api di dalam terowongan ini ialah untuk memudahkan transportasi yang terhalangi oleh pegunungan Alpen. Sehingga muatan barang bawaan dan perdagangan secara lokal dapat di tingkatkan, dan truk bermuatan berat dapat di kurangi. Pertimbangan faktor lingkungan juga menjadi pertimbangan, tentu dengan di berdayakannya kereta sebagai sarana pengangkut barang dapat mengurangi polusi dan kecelakaan.

Gotthard Base Tunnel

Gotthard Base Tunnel di buka pada tanggal 1 juni 2016, dan dapat menghubungkan antara utara dan selatan Eropa dan juga berbagai area di Swiss. Swiss termasuk negara yang terkungkung daratan dan tidak memiliki lautan bahkan pelabuhan sebagai akses perdagangan dengan dunia luar. Sehingga banyak kendaraan bermuatan besar melalui jalur lintas Alpen, Gotthard Base Tunnel di harapkan mampu meningkatkan transportasi intermodal yang cepat dan efisien.

LampuKecil.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s