Mengenal Sejarah Astrologi

Cellarius ptolemaic constellation system

Astrologi berasal dari zaman kuno dan dapat ditemukan di hampir setiap kebudayaan, dari Amerika hingga China. Di Barat, astrologi berasal Babel kuno. Mereka menggunakan astrologi untuk membuat prediksi bagi penguasa. Orang-orang Yunani dan Romawi kuno memperluas astrologi untuk menyertakan horoskop individu dan prediksi kejadian alam dan politik.

Pada 100 M,  astronom besar Yunani Ptolemeus (90 -168) menulis sebuah risalah tentang astrologi yang disebut Tetrabiblos. Selama berabad-abad, karya ini dianggap sebagai teks otoritatif berkaitan tentang topik ini.

Bagi Ptolemy dan pengikutnya, astrologi dan astronomi adalah ilmu serupa tentang bintang-bintang. Astronomi fokus dengan memprediksi dan memetakan pergerakan matahari dan bulan dan planet-planet yang dikenal lainnya. Sedangkan astrologi berurusan dengan pengaruh benda-benda itu di bumi.

Selama berabad-abad setelahnya, astrologi adalah bagian penting dari pandangan dunia ilmiah di Barat. Ilmu ini diajarkan bersama ilmu sains lainnya di sebagian besar universitas Eropa dari tahun 1300 sampai 1600-an.

Status astrologi berubah selama revolusi ilmiah tahun 1600-an dan 1700-an. Pada akhir periode ini, astrologi tidak lagi dipandang sebagai ilmu sejati. Beberapa sejarawan menyebut hal ini karena pengaruh Nicolaus Copernicus. Dia dianggap sebagai pendiri astronomi modern. Copernicus menantang sistem astronomi yang ada pada saat itu. Sistem tersebut menempatkan bumi di pusat alam semesta. Penerimaan terhadap pandangannya ini -bahwa planet-planet adalah yang mengelilingi matahari- memicu keraguan tentang apakah langit diciptakan untuk mengarahkan perubahan di bumi.

Namun, Johannes Kepler dan Galileo Galilei, dua astronom penting yang mempromosikan pandangan Copernicus, adalah praktisi astrologi. Hal ini membuat beberapa sejarawan mengamati bahwa faktor lain mungkin juga telah membantu menghilangkan astrologi dari ranah ilmu sejati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s