12 Hal Menakjubkan Tentang Galaksi dan Alam Semesta

Galaksi jagad raya

Jagad raya yang mengembang

Para ilmuwan berpendapat bahwa bintang-bintang dan unsur-unsur lain di alam semesta terus menerus saling menjauh antara satu dengan lainnya disebabkan oleh kekuatan yang berasal dari terjadinya Big Bang.

Apakah Galaksi Bima Sakti bagian dari gugusan galaksi?

Bima Sakti dan tiga galaksi tetangganya adalah bagian dari gugusan yang lebih besar yang dikenal sebagai Grup Lokal (karena mereka yang paling dekat dengan Bumi). Galaksi-galaksi tetangga yang termasuk di Grup Lokal dinamakan dengan galaksi Andromeda, dan Galaksi Magellanic Clouds Besar (LMC) dan Magellanic Clouds Kecil (SMC) . Dari 35 galaksi di Grup Lokal, hanya tiga ini dapat dilihat dengan dengan mata biasa.

Sebuah tabrakan antar galaksi

Kadangkala, galaksi-galaksi bertabrakan satu dengan yang lainnya yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi. Namun, bintang-bintang di dalamnya terpisah terlalu jauh untuk dapat menyebabkan kerusakan yang nyata. Galaksi kita sendiri berada pada jalur tabrakan dengan galaksi tetangganya yaitu Andromeda. Benturan tersebut akan terjadi sekitar lima miliar tahun yang akan datang dan kedua galaksi ini akan bergabung untuk membentuk sebuah galaksi elips (oval).

Galaksi manakah yang merupakan galaksi terbesar?

Para ilmuwan tidak mengetahuinya secara pasti. Galaksi-galaksi terbesar yang kita ketahui adalah galaksi-galaksi elips (oval) raksasa yang terletak di tengah-tengah seluruh kelompok galaksi. Salah satu galaksi  yang terbesar adalah yang terletak di pusat galaksi pada gugusan Abell 2029.

Seberapa besarkah Galaksi Bima Sakti?

Galaksi Bima Sakti sangatlah besar. Dibutuhkan waktu sekitar 250 juta tahun bagi Matahari untuk sekali mengorbit mengitari pusat Galaksi Bima Sakti.

Apa yang dimaksud dengan Messier Object 31?

Galaksi Andromeda juga dikenal sebagai sebutan Messier Object 31, atau M31. Galaksi ini memiliki  lebih dari dua kali ukuran galaksi Bima Sakti. Namun demikian,  Galaksi Andromeda bukanlah merupakan galaksi terbesar yang kita ketahui.

Artikel Menarik Lainnya :

– LampuKecil.com –

1 thought on “12 Hal Menakjubkan Tentang Galaksi dan Alam Semesta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s