Mengenal Asam Amino dan Protein

Protein terbuat dari rantai panjang zat kimia yang dikenal sebagai asam amino. Ada 22 asam amino yang berbeda, yang semuanya mengandung karbon, oksigen, hidrogen, dan nitrogen. Dari asam amino tersebut, tubuh dapat membuat protein yang berbeda yang tak terhitung jumlahnya. Tubuh dapat membuat 13 asam amino sendiri; 9 asam amino lainnya harus diperoleh dari makanan yang kita makan. Ini disebut asam amino esensial.

MakananProtein sama seperti karbohidrat dan lemak yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Setiap gram protein menyediakan 4 unit energi atau kalori. Namun, tubuh membutuhkan protein untuk beberapa alasan yang lebih penting. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan tubuh. Kebutuhan protein lebih besar pada tahap tertentu kehidupan, seperti selama masa remaja ketika seseorang tumbuh, atau ketika seseorang dalam tahap penyembuhan dari sakit atau kecelakaan. Protein diperlukan untuk membuat banyak jaringan tubuh dan zat, seperti tulang, kulit, organ, enzim, antibodi, dan hormon.

Manusia bisa mendapatkan protein yang mereka butuhkan dari sumber hewan atau tumbuhan. Makanan dari sumber hewani, seperti daging, ikan, unggas, keju, susu, dan telur, mengandung semua asam amino esensial dan merupakan sumber protein yang lengkap. Karena makanan ini mengandung banyak protein, orang yang makan produk hewani setiap hari lebih mungkin untuk mengonsumsi terlalu banyak protein.

Makanan nabati tidak mengandung semua asam amino esensial, sehingga dianggap sumber protein tidak lengkap. Vegetarian, orang yang makan makanan nabati ketimbang makanan dari sumber hewani, masih bisa mendapatkan cukup protein dari makanan yang mereka makan. Dalam makanan vegetarian, makanan dengan protein tidak lengkap dikombinasikan sedemikian rupa hingga semua asam amino bisa diperoleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s