Sekilas Tentang NASA

National Aeronautics and Space Administration (NASA) didirikan pada tanggal 1 Oktober 1958. NASA dirancang untuk mengembangkan sistem eksplorasi ruang angkasa dan untuk mendemonstrasikan sistem-sistem dalam penerbangan. Pada tahun 1962, Proyek Mercury, program pertama NASA, telah mencapai tujuan utamanya: Alan Shepard menjadi orang Amerika pertama di ruang angkasa, dan John Glenn menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit bumi.

NASASetelah itu, fokus dari program luar angkasa bergeser ke mendaratkan astronot di bulan. Program Apollo dikembangkan untuk mencapai tujuan ini. Pada tahun 1969, Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan. Program Apollo berakhir pada tahun 1972. NASA kemudian mengembangkan pesawat ruang angkasa. Pesawat ulang-alik telah berperan dalam pengembangan dan pembangunan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

NASA juga mengembangkan program-program untuk mempelajari bumi dan menjelajahi tata surya dan angkasa dengan kendaraan tak berawak. Kendaraan ini meliputi satelit yang memonitor lautan bumi, penggunaan lahan, polusi udara, dan cuaca; observatorium orbital yang menggunakan berbagai jenis teleskop untuk mengintip ke daerah tergelap dalam ruang angkasa; dan wahana antariksa yang mengorbit (dan kadang-kadang bahkan mendarat di) asteroid, komet, dan planet-planet lain dan mengirimkan informasi berharga kembali ke bumi.

Di antara banyak misi berawak NASA yang sukses adalah Pioneer dan Voyager yang menuju ke planet luar, rover Spirit and Opportunity ke Mars, wahana antariksa Galileo ke Jupiter, wahana antariksa Cassini ke Saturnus, dan empat Observatorium Besar: Hubble Space Telescope, Compton Gamma-Ray Observatory, Chandra X-Ray Observatory, dan Spitzer Space Telescope.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s