Bidang-bidang Psikologi yang Perlu Anda Tahu

Ada banyak spesialisasi dalam ilmu psikologi. Banyak psikolog yang memiliki spesialisasi dalam satu atau lebih dari enam bidang psikologi. Keenam bidang psikologi tersebut akan kami jelaskan secara singkat sebagai berikut.

PsikologPsikologi biologis juga disebut psikobiologi. Ini berkaitan dengan struktur biologis dan proses yang menimbulkan pikiran, perasaan, dan perilaku. Seorang psikolog biologis bisa saja mempelajari bagian-bagian otak yang terlibat dalam kemarahan atau ketakutan.

Psikologi klinis berhubungan dengan perilaku abnormal. Seorang psikolog klinis bekerja untuk memahami dan mengobati perilaku tersebut. Psikologi kognitif berurusan dengan cara orang menangani informasi.

Psikologi kognitif mencakup studi tentang mengapa orang-orang mengingat beberapa fakta tapi melupakan fakta lainnya. Mereka bisa saja meneliti bagaimana pecatur yang sudah ahli berbeda dengan pecatur pemula.

Psikologi perkembangan melibatkan bagaimana orang berubah dari waktu ke waktu. Seorang psikolog perkembangan bisa saja mempelajari bagaimana anak-anak menggunakan bahasa seiring bertambahnya usia mereka.

Psikologi kepribadian berfokus pada kualitas pribadi yang mempengaruhi perilaku. Banyak kualitas pribadi berubah sedikit dari waktu ke waktu. Seorang psikolog kepribadian bisa saja mempelajari mengapa beberapa orang selalu tegang sementara orang lain jarang.

Psikologi sosial melibatkan studi tentang bagaimana orang berinteraksi. Mereka fokus pada situasi yang mengarahkan seseorang untuk berperilaku dengan cara tertentu. Seorang psikolog sosial bisa saja mempelajari mengapa orang terkadang dermawan dan terkadang tidak.

Artikel Menarik Lainnya :

1 thought on “Bidang-bidang Psikologi yang Perlu Anda Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s