Mengenal Senyawa-senyawa Penting dalam Tubuh

Tubuh manusia terdiri atas unsur-unsur kimia -zat yang tidak dapat dipecah menjadi zat sederhana dengan cara biasa. Unsur-unsur kimia yang paling umum dalam tubuh adalah karbon, hidrogen, nitrogen, dan oksigen; tubuh juga mengandung banyak zat lainnya, seperti natrium, kalsium, zat besi, fosfor, dan kalium.

MedisSetiap elemen terdiri atas unit yang disebut atom. Ketika dua atau lebih atom bergabung, struktur mikroskopis yang disebut molekul terbentuk. Beberapa molekul terdiri atas atom-atom satu elemen. Misalnya, sebuah molekul oksigen (O2) terdiri atas dua atom oksigen. Ketika sebuah atom menggabungkan diri dengan satu atau lebih atom dari unsur yang berbeda, senyawa akan terbentuk. Air (H2O), misalnya, merupakan senyawa yang terdiri atas molekul-molekul yang mengandung dua atom hidrogen yang bergabung dengan satu atom oksigen.

Senyawa tubuh harus diatur dalam cara yang sangat khusus untuk menghasilkan kehidupan. Senyawa paling dasar dalam tubuh manusia adalah air. Air diperlukan untuk sebagian besar reaksi kimia yang terjadi. Selain air, ada empat senyawa utama lain dalam tubuh: karbohidrat (seperti pati), lipid (lemak), protein, dan asam nukleat.

Keempat senyawa itu adalah struktur kompleks yang mengandung unsur karbon. Karbohidrat menyediakan energi untuk semua kegiatan tubuh. Lipid menyimpan bahan bakar ekstra dan berfungsi sebagai bahan bangunan untuk sel-sel tubuh. Protein juga melakukan beberapa tugas. Beberapa protein digunakan untuk membangun sel-sel, lainnya memiliki fungsi kimia yang penting. Asam nukleat membawa petunjuk yang menyampaikan sifat-sifat manusia dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s