Hal-hal Paling Dasar Tentang Oksigen

Kita semua memerlukan oksigen. Tanpa oksigen, mustahil ada kehidupan. Hampir semua jenis kehidupan yang dikenal manusia memerlukan oksigen. Oksigen adalah unsur yang paling berlimpah di bumi. Oksigen menyumbang hampir setengah massa kerak bumi dan lebih dari empat perlima massa lautan bumi. Dalam hal volume, oksigen membentuk seperlima dari udara di sekitar kita.

OksigenOksigen merupakan salah satu unsur kimia yang muncul secara alami di alam. Oksigen memiliki simbol atom O dan memiliki nomor atom 8 dan massa atom 16. Atom oksigen sangat reaktif. Ini berarti mereka siap ambil bagian dalam reaksi kimia. Ini adalah proses di mana atom membantu membentuk zat baru. Dalam proses ini, atom dapat bergabung, berpisah, atau membentuk kombinasi baru dengan atom lain.

Atom oksigen jarang ditemukan sendirian. Mereka menggabungkan diri dengan kebanyakan unsur lainnya. Dan atom oksigen bergabung satu sama lain untuk membentuk molekul oksigen. Atom oksigen yang paling akrab adalah O2, yang terdiri atas sepasang atom oksigen. Ini adalah bentuk oksigen yang ada di udara yang kita hirup.

Oksigen diperlukan untuk kehidupan. Ketika kita menarik napas, oksigen memasuki paru-paru, kemudian memasuki darah, dan diedarkan ke seluruh tubuh. Dalam sel-sel tubuh, oksigen digunakan dalam reaksi yang melepaskan energi. Oksigen bergabung dengan molekul dari makanan yang telah dicerna. Reaksi itu juga melepaskan karbon dioksida. Darah membawa karbondioksida ke paru-paru, di mana ia akan dihembuskan keluar.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s