Beberapa Hewan Khas Afrika Barat

Afrika adalah rumah bagi berbagai hewan, dari semut tentara yang sangat kecil hingga jerapah yang menjulang. Afrika Barat, yang membentang dari padang pasir yang tandus ke pesisir subur, diklaim memiliki keanekaragaman fauna yang mengesankan. Dari manatee hingga kuda nil kerdil Afrika Barat, banyak makhluk menarik di sudut benua ini.

Hewan manatee putri duyung

Manatee

Manatee Afrika Barat abu-abu besar, juga disebut bersama dengan kerabatnya “lembu laut,” memiliki sirip kecil dan dayung datar dan bulat untuk ekor. Dengan berat hampir 500 kilogram, manatee dewasa dapat tumbuh hingga sepanjang 4 meter. Mereka mendiami wilayah pesisir seperti laguna, sungai, muara, dan danau. Manatee memakan vegetasi yang menjorok, dari rumput hingga dedaunan mangrove.

Manatee dapat ditemukan dari Mauritania selatan hingga Angola, meskipun populasi mereka menurun karena perburuan dan penangkapan di jaring ikan: manatee Afrika Barat secara hukum adalah hewan yang dilindungi, tapi perburuan terus memberi dampak buruk pada mereka. Meski manatee di seluruh dunia berada dalam bahaya kepunahan, spesies ini adalah yang paling terancam dari semuanya.

Kudanil kerdil

Kuda Nil kerdil

Kuda nil kerdil Afrika Barat dapat ditemukan di dataran rendah dan hutan basah Sierra Leone dan Pantai Gading, khususnya di dan dekat Sungai Bandama. Biasanya panjangnya sekitar 1,5 meter, kuda nil kerdil jauh lebih kecil daripada kuda nil umum yang besar, salah satu mamalia terbesar di planet ini. Spesies ini juga secara substansial kurang sosial dibandingkan sepupu raksasanya: Kuda nil kerdil cenderung ditemukan sendirian atau dalam kelompok-kelompok kecil, entah sedang beristirahat di sungai atau rawa-rawa atau mencari makan di darat.

monyet colobus hitam

Monyet colobus hitam

Wilayah Kamerun, Guinea Khatulistiwa, Gabon, dan Republik Kongo adalah rumah bagi monyet colobus hitam -salah satu dari 10 spesies monyet yang paling terancam punah di seluruh Afrika. Primata ini berada di kanopi tinggi dari hutan hujan dan dapat melompat hingga 15,2 meter di antara pohon-pohon, menggunakan rambut mantel dan ekor seperti parasut. Monyet colobus jarang turun ke tanah dan memakan daun dari pohon-pohon di mana mereka tinggal.

Mereka tidak memiliki jempol; nama “colobus” berasal dari kata bahasa Yunani yang berarti “berlabuh” atau “dihilangkan.” Monyet ini memiliki bulu hitam yang kontras dengan bulu dan ekor putih. Mereka biasanya ditemukan hidup dalam kawanan lima sampai sepuluh monyet, termasuk pejantan dominan, betina, dan anaknya.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s