Apa yang Kita Ketahui tentang Kota Pyongyang?

Pyongyang adalah ibu kota dan kota terbesar Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), salah satu dari sedikit negara komunis yang masih tersisa di dunia. Kota ini terletak di tengah-barat Korea Utara, tepatnya di tepi Sungai Taedong, sekitar 30 mil (48 kilometer) dari Laut Kuning.

PyongyangKota ini meliputi area seluas 77 mil persegi (199 kilometer persegi) dan memiliki populasi sekitar 2,7 juta. Warga Korea Utara boleh tinggal di Pyongyang hanya dengan izin khusus. Selain anggota kedutaan besar dan konsulat dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara, beberapa orang asing juga tinggal di sana.

Pyongyang memiliki hotel modern, taman hiburan, museum, teater, sirkus, dan banyak fasilitas olahraga. Kota ini memiliki dua jalur kereta bawah tanah yang bertemu di pusat kota. Stasiun mewahnya dihiasi dengan mural mosaik dan lampu kristal. Tempat-tempat menarik di sini antara lain Museum Revolusi Korea, dengan patung besar Kim Il Sung, pemimpin Korea Utara 1945-1994; makam Kim Il Sung; Menara Ide Juche, diatapi dengan patung api; Arch of Triumph, dekat Bukit Peony; dan Mangyongdae, desa leluhur Kim Il Sung, di sebelah barat dari pusat kota.

Kaeson Youth Park, Peony Hill Park, dan taman di sepanjang Sungai Potong semuanya merupakan tujuan musim panas yang menyenangkan. Mansu Hill Art Theater dan Pyongyang Grand Theater keduanya memiliki acara dan produksi musik. Kim Il Sung University dan Kim Chaek University of Technology adalah dua universitas yang paling terkenal di Korut.

Pyongyang merupakan pusat transportasi untuk jalan darat dan kereta api serta pusat distribusi barang. Di dan sekitar kota ada pabrik kimia, tekstil, elektronik, dan produsen mesin-alat, serta pabrik besi dan baja. Namun, fungsi Pyongyang yang paling penting adalah sebagai pusat administrasi, pendidikan, dan budaya bangsa.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s