Apa yang Menarik dari Kota Johannesburg?

Johannesburg adalah kota terbesar di Afrika Selatan. Kota ini juga merupakan pusat industri, keuangan, dan komersial paling penting di Afrika selatan. Johannesburg adalah ibukota provinsi Gauteng di bagian timur laut Afrika Selatan.

JohannesburgJohannesburg terletak di jantung Witwatersrand, yang secara historis merupakan ladang emas terkaya di dunia. Nama Witwatersrand sendiri berarti punggungan perairan putih dalam bahasa Afrikaans. Witwatersrand berfungsi sebagai daerah aliran sungai, yakni punggungan antara dua sistem sungai. Beberapa aliran sungai mengalir di daerah aliran sungai ini. Hujan yang turun d utara dari punggungan ini akhirnya mengalir ke Samudera Hindia, dan di selatan punggungan akan mengalir ke Samudera Atlantik.

Johannesburg didirikan pada tahun 1886. Tambang emas menarik para buruh dan pekerja lainnya ke daerah ini, dan Johannesburg dengan cepat menjadi kota terbesar di selatan Afrika. Saat ini, Johannesburg merupakan salah satu kota paling modern dan makmur di Afrika. Kota ini adalah pusat kegiatan komersial, keuangan, industri, dan pertambangan Afrika Selatan. Banyak orang menyebut kota ini sebagai Jo’burg. Johannesburg juga sering disebut iGoli, nama dari bahasa Zulu yang berarti “Kota Emas.”

Sejak tahun 1995, kota Johannesburg sudah memasukkan perkampungan kulit hitam Afrika yang sebelumnya terpisah, Soweto. Sekitar 1.200.000 orang tinggal di daerah Soweto, yang ada di barat daya dari pusat kota. Selama tahun 1900-an, banyak orang kulit hitam Afrika dipaksa pindah ke daerah Soweto sebagai bagian dari upaya orang kulit putih untuk memaksakan segregasi rasial. Dari tahun 1940-an sampai awal 1990-an, upaya pemisahan ini menjadi bagian dari kebijakan resmi Afrika Selatan yang dikenal sebagai apartheid. Nama Soweto sendiri berasal dari kata South Western Townships.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s