Paca, Binatang Apakah Itu?

Hewan satu ini mungkin kurang familiar di telinga kita. Paca adalah tikus besar yang ditemukan di daerah tropis dari Amerika Utara dan Selatan. Paca panjangnya sekitar 24½ hingga 32½ inci (62-83 cm). Kebanyakan paca beratnya sekitar 14-22 pound (6,3-10 kilogram).

Paca

Paca memiliki kepala tebal kecil, tubuh gemuk, kaki ramping pendek, dan ekor pendek. Ada lima jari kaki yang panjang pada setiap kaki belakang dan empat pada setiap kaki depan. Paca ditutupi dengan bulu kasar berwarna kecoklatan atau rambut. Empat baris bintik-bintik putih berderet di setiap sisi tubuh mereka. Paca memiliki kantong pipi yang luar biasa besar. Kantong itu membentuk ruang lapang yang membantu hewan ini membuat suara.

Paca ditemukan dari Meksiko tengah selatan hingga Paraguay, dan di Pegunungan Andes dari Venezuela, Kolombia, dan Ekuador. Mereka tinggal di hutan, biasanya dekat sungai. Paca adalah perenang yang baik dan sering melarikan diri dari musuh dengan air. Kebanyakan paca hidup sendiri di liang, gua, tumpukan kayu, tunggul, atau batu. Kebanyakan paca betina bisa menghasilkan dua kelompok anak seperindukan dalam setahun yang terdiri atas satu atau dua ekor anak paca.

Paca ke luar untuk mencari makanan hanya pada malam hari. Mereka makan tanaman, akar, biji, dan buah-buahan tropis. Paca juga kadang-kadang makan tanaman seperti tebu, jagung, dan ubi jalar, dan sering berburu di daerah di mana tanaman-tanaman ini tumbuh. Pemburu juga membunuh Paca untuk mengambil daging mereka yang lezat. Anjing liar dan ocelot juga memangsa Paca. Paca tergabung ke dalam keluarga Agoutidae. Nama-nama ilmiah untuk dua spesies paca yang paling umum adalah Agouti paca dan A. taczanowski.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s