Ringkasan Cerita Film Animasi Spirited Away

Spirited Away Paper Ambush

Di luar pemandian, Sen melihat naga putih yaitu perwujudan dari Haku, yang sedang diserang oleh burung-burung. Sen membuka pintu untuknya dan Haku pun masuk diikuti oleh burung-burung yang terbuat dari kertas. Dalam keadaan kesakitan, Haku terbang menuju ke kamar Yubaba di bagunan teratas. Mengetahui dia akan mati kehabisan darah tanpa bantuan, Sen berjalan mencarinya. Salah satu burung kertas bersembunyi di punggung Sen. Dan saat Sen berjalan menyusuri area pemandian, No-Face melihat diri Sen dan mencoba untuk memberikan emasnya.

Spirited Away No Face

Sen menolak dan melarikan diri. Marah oleh penolakannya, No-Face mulai menelan para pekerja dan menyebabkan kepanikan. Sesampainya di ruangan tempat Yubaba, Sen menemukan Haku yang tidak sadarkan diri. Kemudian burung kertas yang telah bersembunyi di punggung Sen kemudian tampak berubah menjadi Yubaba, tapi sebenarnya ia adalah saudara kembar Yubaba, yaitu Zeniba. Zeniba telah mengikuti Haku karena dia mencuri segel emasnya. Muak dengan Boh, yang merupakan bayi raksasa Yubaba, Zeniba mengubahnya menjadi tikus kecil dan mengubah burung peliharaan Yubaba menjadi seekor lalat. Dengan segenap kekuatannya, Haku menghancurkan burung kertas tersebut dan Zeniba pun menghilang.

Spirited Away Zeniba

Haku dan Sen terjatuh melalui cerobong yang gelap menuju ke ruangan ketel uap. Kamaji mengatakan kepada Sen bahwa Haku mengalami pendarahan dari dalam, maka dari itu Sen memberikan Haku sebagian dari kue herbal yang diberikan oleh roh sungai. Haku memuntahkan segel emas dan siput yang kemudian di injak oleh Sen. Haku berubah kembali dari bentuk naga menjadi ke bentuk anak laki-laki, tetapi ia masih merasa sangat kesakitan. Sen memutuskan untuk pergi ke Zeniba sebagai upaya untuk meyakinkannya agar mau menyembuhkan Haku. Kamaji memberikan Sen tiket kereta api untuk sampai ke Zeniba. Dalam perjalanan menuju ke kereta, Sen menghadapi masalah dengan No-Face, yang masih meneror pemandian.

Sen memberi No-Face sisa kue herbal yang sebenarnya ia simpan untuk orangtuanya. No-Face mulai muntah dan menjadi murka terhadap Sen, ia mengejarnya sepanjang area pemandian. Saat No-Face berjalan ia memuntahkan semua orang dan hal-hal yang ia makan, semakin mengecil dan semakin kecil hngga ia kembali ke ukurannya yang normal dan kembali ke sikapnya yang lemah lembut. Sen, Tikus Boh, Lalat peliharaan Yubaba, dan No-Face  pada akhirnya pergi bersama-sama menuju ke kereta.

Spirited Away Train No Face

Di saat perjalan,kelompok ini menuju ke tempat Zeniba, Haku dapat memulihkan diri sejenak. Kemudian Haku meninggalkan kelompok tersebut dan kembali ke tempat Yubaba, dan membuat janji dengan Yubaba bahwa ia akan mengembalikan Boh kepadanya jika Yubaba nantinya akan memulangkan Sen dan orangtuanya kembali ke dunia mereka.

Spirited Away Travel

Ketika Sen tiba di tempat Zeniba, Sen meminta Zeniba untuk memaafkan Haku yang telah mencuri segelnya dan meminta maaf karena telah membunuh siputnya. Zeniba menjelaskan bahwa Yubaba menempatkan siput dalam tubuh Haku untuk mengendalikan dirinya, dan Sen sebenarnya telah menyembuhkan Haku dengan cintanya. Haku kemudian datang dalam bentuk naga, dan Sen naik keatas punggungnya sehingga Haku menerbangkan Sen bersamanya, sedangakan Tikus Boh dan Lalat kecil terbang kembali ke pemandian. Sen dalam perjalannya di atas awan bersama naga Haku, ingat bahwa ketika ia masih sangat kecil ia pernah terjatuh di sungai. Alih-alih membiarkan dirinya tenggelam, sungai tersebut membawanya ke tempat yang aman.

Spirited Away Haku Dragon

Sen sudah lupa nama sungai itu, tetapi sekarang ia ingat kembali bahwa sungai itu dinamakan Sungai Kohaku. Sen mengatakan kepada Haku bahwa ia berpikir bahwa Haku sebenarnya adalah sungai. Setelah mendengar nama aslinya, yaitu sungai Kohaku , sisik-sisik naga Haku berangsur-angsur terlepas dan ia berubah kembali ke dalam bentuk anak laki-laki. Setelah itu, mereka tiba di pemandian, dan Haku mengingatkan Yubaba bahwa dia berjanji untuk membebaskan Sen dan orang tuanya. Yubaba mengatakan Sen terlebih dahulu harus mengidentifikasi kedua orangtuanya dari sekumpulan babi di hadapannya.

Spirited Away Picture

Sen melihat secara menyeluruh babi-babi tersebut dan menyatakan dengan tepat bahwa tidak satupun dari mereka adalah orang tuanya. Kontraknya kemudian hancur dan dia kembali menjadi Chihiro. Setelah akhirnya bebas, Chihiro dapat menemukan kedua orangtuanya dan mereka akhirnya melanjutkan perjalan dengan kembalinya mereka bertiga ke dunia manusia. Selama dalam perjalanan, Chihiro meyakinkan orang tuanya bahwa ia mungkin dapat mengatasi rumah baru dan sekolah barunya.

Spirited Away Dragon Haku

Okay that’s it cerita mengenai Spirited Away. Ada banyak spekulasi mengenai makna-makna yang tersirat dalam film ini, seperti yang di kemukakan oleh pendapat beberapa penggemar Spirited Away. Seperti kereta menuju Zeniba yang merupakan kereta satu arah, maka dari itu Haku terbang bersama Sen untuk kembali ke pemandian. Dan juga perjalanan petualangan Chihiro di dunia gaib yang berlaku satu arah: seperti saat di dunia roh, Sen dan orang tuanya lupa akan dunia manusia, sehingga saat Chihiro pada akhirnya keluar dari dunia roh melalui terowongan, ia juga lupa akan petualangannya di dunia roh yang sebelumnya ia lakukan.

Spirited Away Wallpaper

– LampuKecil.com –

Advertisements

3 thoughts on “Ringkasan Cerita Film Animasi Spirited Away

  1. Thomas Aidzil Pratama

    Sekedar koreksi sedikit pada bagian -> Anak laki-laki itu muncul kembali dan mencegah Chihiro untuk makan makanan dari dunia roh, yang akan membuat dirinya tetap menghilang. Ia kemudian membawa Chihiro ke sebuah pemandian yang tampak ramai, dan menempuh rute secara sembunyi-sembunyi dengan menahan nafas untuk menghindari sederetan roh yang tidak senang dengan kehadiran manusia di antara mereka.

    Itu yang betul adalah haku memberikan pil kusus dengan mantra agar membuat tubuh sen tidak memudar di dunia arwah. Jadi dengan kata lain, sen justru harus makan sesuatu dari dunia tersebut agar dia tidak lenyap. Begitulah.~

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s