Penjelasan Mengenai Kanker

sel-kanker-paru-paru

Kanker adalah kumpulan nama yang diberikan kepada sekelompok penyakit yang ditandai sebagai penyebab sel-sel untuk membelah secara tak terkendali, yang mengarah kepada kerusakan jaringan yang normal dan tumbuhnya jaringan yang abnormal. Terdapat lebih dari 200 jenis kanker yang berbeda, yang mempengaruhi bagian-bagian tubuh yang berbeda.

Penggandaan sel dalam tubuh adalah proses yang normal dilakukan untuk menggantikan sel-sel yang mati, dan keseimbangan antara proses ini (dikenal sebagai proliferasi) dan kematian sel diatur secara ketat oleh tubuh. Kanker mengubah proses ini, dan menyebabkan proliferasi sel-sel secara cepat, yang dapat menghasilkan pertumbuhan abnormal yang disebut tumor.

Meskipun tumor jinak tidak menyebar atau menyerang bagian lain dari tubuh, tumor ganas dapat menyebar dan menyerang organ lain, proses ini dikenal sebagai metastasis, menyebabkan sel-sel organ yang menjadi target  juga menggandakan sel dengan cepat dan menghancurkan sistem kerja organ tersebut. Ketika organ-organ vital terganggu, hidup seseorang bisa terancam dan dapat menyebabkan kematian.

Berbagai jenis kanker memiliki gejala yang berbeda dan perawatan yang berbeda. Gejala-gejala yang ditimbulkan beragam mulai dari penurunan berat badan dan keringat berlebih hingga pembengkakan, pendarahan dan kematian.

Diperkirakan bahwa risiko kanker secara langsung dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, dengan faktor-faktor tertentu sebagai penyebab (atau meningkatkan kerentanan terhadap) kanker yang berbeda. Faktor-faktor lingkungan yang diketahui meningkatkan risiko terkena kanker dikenal sebagai karsinogen, contohnya yaitu banyaknya senyawa yang ada di dalam asap rokok (menyebabkan kanker paru-paru) dan radiasi ultraviolet (menyebabkan kanker kulit).

Faktor genetik antara lain misalnya kerentanan terhadap kanker payudara dan ovarium pada wanita, dan prostat serta kanker testis pada pria.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s