Benarkah 1 Tahun pada Anjing, Sama dengan 7 Tahun pada Manusia?

anjing-lucu-mungil

Peribahasa kuno menyebutkan  bahwa satu tahun anjing sama dengan tujuh tahun manusia berasal dari pembagian matematika sederhana yang merupakan rata-rata umur manusia dengan rata-rata umur anjing. Memang benar bahwa anjing dapat mengalami penuaan  jauh lebih cepat daripada manusia karena tingkat metabolismenya yang lebih tinggi; pada umumnya, semakin besar mamalia, maka semakin lambat metabolismenya dan hidup lebih lama.

Namun, saat ini secara umum telah diterima bahwa aturan usia satu banding tujuh,  berdasarkan atas pengamatan usia  “realistik”  anjing tidaklah akurat; Sebagai contoh, tidaklah jarang bagi anjing untuk hidup sampai usia lima belas tahun, tetapi sangat sedikit manusia yang mampu hidup hingga usia 105 tahun.

Dipercaya bahwa aturan rasio tujuh tahun tidak seharusnya diterapkan secara proporsional, karena terdapat perbedaan masa-masa perkembangan umur pada anjing yang berbeda pada manusia.  Pada awalnya, frase  1 banding 7 ini mungkin tidak memikiran secara detail mengenai hal tersebut, dan hanya berdasarkan hitungan matematis sederhana saja.

Ukuran dan jenis anjing juga merupakan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap seberapa cepat mereka menua. Anjing yang lebih besar menua lebih cepat, sehingga perbandingan tahun , 1 banding 7  di atas tidak bisa diterapkan pada semua jenis anjing. Secara hitungan kasar anjing berukuran besar yang berumur 10 tahun, kira-kira sama dengan usia 78 tahun, sedangkan anjing yang berukuran kecil yang  juga berumur 10 tahun, kira-kira sama dengan usia 56 tahun.

lampukecil-33Para peneliti sering melakukan penelitian mengenai hal-hal yang sangat sederhana, kemudian mengembangkannya menjadi materi yang lebih kompleks.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s