Mengapa Wajah Menjadi Memerah saat Kita Malu?

wajah-tersipu

Kita semua pernah mengalami hal tersebut:  merasa stres, takut, gugup, malu, atau sungkan. Setiap emosi yang kuat dapat menyebabkan wajah memerah. Yang meliputi mendengar ucapan yang menyanjung, sedang berpidato, menjadi pusat perhatian, atau merasa minder. Marah juga dapat menyebabkan wajah memerah. Dalam setiap kasus, wajah berubah berbagai gradasi warna merah tua.

Sains tidak memiliki semua jawaban tentang wajah yang memerah. Orang-orang kedokteran mengatakan bahwa wajah yang memerah adalah hasil baik dari “melawan atau lari” respon dan perilaku sosial. “Melawan atau lari” adalah teori bahwa hewan bereaksi terhadap ancaman dengan reaksi dari sistem saraf yang mempersiapkan hewan untuk menghadapi pertempuran atau melarikan diri.

Wajah memerah pada manusia dipicu oleh situasi sosial, bukan ancaman terhadap kesehatan atau kehidupan. Hewan tidak tersipu. Jadi meskipun beberapa sifat-sifat respon diwariskan dari masa lalu kita yang jauh, wajah memerah pada manusia berhubungan dengan sesuatu yang tidak dimiliki hewan, yaitu kesadaran moral.

Tubuh mengeluarkan lebih banyak adrenalin sebagai bagian dari respon sistem saraf simpatik. Sistem ini tidak disengaja,  Anda tidak perlu berpikir tentang hal ini. Pupil mata berkembang lebih besar, yang memungkinkan Anda untuk menerima lebih banyak informasi visual. Kapiler yang membawa darah ke kulit melebar. Terdapat peningkatan aliran darah ke leher dan anggota badan. Peningkatan denyut jantung, dan pernapasan menjadi lebih cepat. Pembuluh darah di wajah membesar, membuka aliran darah lebih banyak, dan wajah menjadi memerah.

Ada alasan lain yang bisa menyebabkan wajah memerah. Orang yang menderita hipertensi dapat menunjukkan kompleksi warna kulit yang memerah. Dan juga karena tubuh memanas saat melakukan latihan olahraga, maka tubuh mencoba untuk mendinginkan baik oleh keringat serta dengan cara mengirimkan lebih banyak darah ke permukaan kulit.

Alkohol juga dapat menyebabkan pembuluh darah melebar. Beberapa populasi di Asia tidak memiliki kemampuan untuk memecah alkohol di dalam hati. Sehingga materi yang beracun memasuki aliran darah dan menyebabkan wajah menjadi memerah.

lampukecil-7

Wajah memerah lebih terlihat pada orang yang memiliki kulit berwarna putih. Orang Eropa Utara, Nordik, Inggris, dan orang-orang Jerman, umumnya termasuk dalam kategori ini.

Artikel Menarik Lainnya :

LampuKecil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s