Bahan Rambut Itu Terbuat Dari Apa Sih ?

Rambut Indah

Rambut terbuat dari bahan penyusun yang sama seperti kuku, cakar kucing dan anjing,  tapak kuda, bulu-bulu dari burung, bahkan tanduk, bahan tersebut namanya kreatin. Dan material tersebut tumbuh melalui celah kecil yang terbuka pada kulit, di sebut dengan folikel. Satu jenis dari kreatin terbuat dari rangkain panjang protein, dan saling melingkar satu sama lain dan membentuk rantai, sejenak mirip dengan kabel gagang telepon rumah yang berbentuk melingkar.

Kreatin pertama dikemukakan oleh Linus Pauiling, yang telah memenangkan hadiah Nobel. Satu untuk bidang kimia dalam penerapan kuantum fisika terhadap ikatan kimia. Dan lainnya ialah memenangkan hadiah Nobel Perdamaian, dalam gerakannya terhadap penyebaran senjata nuklir.

Semua bagian dari tubuh memiliki rambut, kecuali bibir, telapak tangan, serta permukaan telapak kaki. Orang dewasa memiliki setidaknya 5 juta rambut yang tumbuh di seluruh tubuh. Jumlah rambut yang sama dimiliki oleh gorilla, hehehehe. Untung aja rambut kita tipis, pendek dan susah dilihat , coba kalo lebat dan panjang kayak punya gorilla, wah berbahaya ini.

Dipercaya secara umum namun belum terbukti, bahwa sekitar 80 rambut kita rontok dari kepala per harinya. Tapi jangan khawatir, rambut kita memiliki lebih dari  100.000 folikel rambut, masih banyak sisanya.

Bagian RambutBeberapa orang punya rambut yang keriting, yang lainnya lurus. Hal ini bergantung dari bentuk folikel dimana rambut tumbuh. Rambut yang lurus tumbuh dari folikel berbentuk bundar, rambut yang keriting berasal dari folikel yang bebentuk oval, rambut dapat melengkung karena menyimpang secara oval bukan bundar.

Warna rambut ?

Warna rambut disebabkan oleh bahan kimia sama yang menentukan warna kulit, namanya melanin.Rambut putih artinya tanpa melanin, banyak melanin maka rambut berwarna hitam, sedikit melanin maka rambut berwarna  pirang, merah, atau coklat.

Oh iya melanin beda lho ya sama melamin, kalau melamin itu biasanya kita jumpai di piring-piring plastik, kalau melamin terbuat dari resin ( bahan pembuat plastik ) dan formalin.  Dua zat yang sangat buruk bagi tubuh di gabungkan dan voila ! terbentuklah salah satu jenis plastik yang disebut melamin.

Selain itu rambut memiliki fungsi menjaga kita tetap hangat. Saat kedinginan, kita bisa merinding  secara sementara, disebabkan oleh otot yang terhubung dengan rambut, menarik rambut sehingga menjadi tegak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s